Muslimahdaily -Masalah ketombe pasti pernah terjadi di hampir tiap orang. Penyebabnya dapat berbeda-beda, bisa dari kurang rajin mencuci rambut, munculnya jamur, dan faktor lain.

Berbagai cara sudah dilakukan guna menghilangkan serpihan putih ini. Berbagai shampoo dan kondisioner sudah dicoba. Namun, kotembe masih saja muncul.

Nah, mungkin ini waktunya Sahabat Muslimah mencoba cara lain dengan memanfaatkan bahan alami, salah satunya adalah minyak zaitun. Banyak kandungan dari minyak zaitun yang bermanfaat untuk rambut. Vitamin E dan K yang terdapat di dalamnya mampu menghilangkan ketombe. Selain itu, minyak zaitun juga mampu mengembalikan kilau alami rambut dan mengatasi rambut bercabang.

Sahabat Muslimah dapat mencampurkan minyak zaitun dengan bahan lain untuk sebagai haircare. Apa saja bahan tersebut? Berikut ini rangkuman Muslimahdaily untuk Sahabat Muslimah, dilansir dari laman HerStory. Yuk Simak!

Kondisioner Minyak Zaitun

Selain dicampur dengan bahan lain, minyak zaitun sendiri sebenarnya dapat dijadikan sebagai kondisioner. Kondisioner dari minyak zaitun dapat menghilangkan ketombe dan juga membuat kurtikula rambut lebih lembut.

Caranya, oleskan 2 sdm minyak zaitun ke rambut. Ratakan sambil pijak kulit kepala. Setelah itu bungkus rambut dengan shower cap atau handuk hangat selama 15 menit agar minyak dapat terserap. Setelah itu bilas hingga bersih. Kondisoner minyak zaitun ini dapat digunakan seminggu sekali.

Masker Minyak Zaitun dan Tea Tree Oil

Tea tree nggak hanya diyakani mampu mengatasi masalah wajah, namun juga ketombe. Tea tree memiliki kandungan antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat mengatasi iritasi pada kulit kepala karena ketombe.

Caranya, campurkan 2 sdt minyak zaitun dengan 10 tetes tea tree oil. Aduk hingga merata kemudian oleskan pada kulit kepala sambil dipijat selama 10 menit. Diamkan selama 30 menit lalu cuci rambut.

Serum rambut minyak zaitun dan cuka apel

Terakhir ada serum rambut dari minyak zaitun dan cuka apel. Dengan tambahan cuka apel yang memiliki kandungan zat antibakteria dan antijamur, ketombe dapat hilang dengan perlahan.

Caranya, campurkan ¼ cup cuka apel, ½ sdt minyak zaitun, dan ½ cup air perasan jeruk lemon dan sedikit air lalu masukan ke botol spray. Belah rambut menjadi beberapa bagian, dan semprotkan serum campuran tadi hingga merata ke seluruh rambut. Bungkus rambut dengan handuk atau kain selama 30 menit, baru bilas dan keramas hingga bersih.

Itu dia beberapa tips minyak zaitun sebagai haircare. Semoga bermanfaat!

Itsna Diah

Add comment

Submit