Muslimahdaily - Retinol dan retinoid merupakan kandungan yang sudah sering muncul dalam suatu produk skincare. Bahan ini sejatinya bertujuan untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Seringnya retinol ini muncul di produk skincare bukan berarti bahan ini aman-aman saja digunakan bersama dengan bahan lain. Pasalnya, ada beberapa kandungan skincare yang nggak cocok digunakan bersamaan dengan retinol. Bahkan dapat menyebabkan kulit kering hingga iritasi.

Melansir dari laman HerStory, berikut ini beberapa bahan yang sebaiknya tidak digunakan bersamaan dengan retinol. Yuk simak!

1. Retinol/retinoid dengan Vitamin C

Kedua bahan ini memang jadi primadona di antara produk skincare. Tapi, retinol/etinoid dan vitamin C sebenernya bekerja dengan pH yang berbeda.

Retinol bekerja dengan pH yang lebih tinggi (basa), sedangkan vitamin C diformulasikan pada lingkungan pH yang lebih rendah (asam). Ketika digunakan secara bersamaan, maka hasilnya yang didapat tidak akan optimal.

Jika masih ingin menggunakan kedua bahan tersebut, Sahabat Muslimah dapat memakai retinol/retinoid di malam hari. Sementara vitamin C dipakai di pagi hari.

2. Retinol/retinoid dengan Benzoyl Peroxide

Retinol, retinoid, dan benzoyl peroxide dikenal sebagai bahan produk yang mampu mengatasi jerawat. Walau memiliki kegunaan yang sama, kedua bahan tidak seharusnya dipakai bersamaan, lho Sahabat Muslimah.

Pasalnya, ketika dipakai berbarengan, kedua bahan ini justru kan menyebabkan kulit jadi lebih kering, kemerahan, dan mengelupas. Sama halnya engan retinol dan vitamin C, retinol dan benzoyl peroxide akan mematikan fungsi satu sama lain jika dipakai bersamaan.

Untuk mengakalinya, Sahabat Muslimah dapat menggunakan retinol/retinoid di malam hari dan benzoyl peroxide di pagi hari.

3. Retinol/retinoid dan Salicylic Acid

Pasalnya, vitamin A yang merupakan bahan dasar retinol ini berfungsi untuk merangsang pergantian sel-sel kulit mati. Sementara salicylic acid bertujuan untuk meregenerasi kulit.

Baik retinol, retinoid, dan salicylic acid, ketiganya sama-sama akan menyebabkan kulit kering. Ketika dipakai bersamaan, justru akan membuat kulit semakin kering, bahkan iritasi, dan mengelupas.

Untuk menghindari hal tersebut, Sahabat Muslimah dapat menggunakan retinol di malam hari dan salicylic acid di pagi hari, ya.

Nah itu tadi beberapa bahan yang sebaiknya nggak dipakai bersama dengan retinol atau retinoid. Untuk menghindari hal-hal yang nggak diinginkan, pastikan Sahabat Muslimah selalu mengecek kandungan suatu produk terlebih dahulu ya.

Itsna Diah

Add comment

Submit