Muslimahdaily - Mudahnya mengakses media sosial membuat informasi lebih cepat sampai ke masing-masing orang. Tak aneh bila sekarang ini sudah banyak tren yang muncul, mulai dari tren fashion, tren musik, dan terkecuali tren kecantikan.

Padahal tidak semua tren kecantikan aman untuk ditiru, lho. Pasalnya banyak tren yang muncul dari sembarang orang tanpa adanya riset yang mendukung. Salah-salah bukan solusi yang didapat melainkan masalah baru.

Seperti contohnya beberapa tren di bawah ini. Melansir dari laman HerStory, yuk simak apa saja tren tersebut?

1. Cuka apel

Beberapa tahun belakangan, cuka apel memang sempat tenar karena dianggap memiliki manfaat untuk mengatasi jarawat, hingga mecerahkan kulit wajah. Hal ini bahkan sempat jadi bahan pembicaraan para beuty vlogger. Tak aneh bila orang berbondong-bondong khasiat cuka apel hingga jadi tren.

Pada nyatanya, cuka apel mengandung sifat asam yang dapat memicu munculnya jerawat setelah diapliasikan ke wajah. Hal ini jelas berbahaya dan tidak memberikan solusi pada wajah.

2. Hidrogen peroksida

Tren selanjutnya adalah penggunaan hydrogen peroksida yang diklaim dapat memutihkan gigi. Pada dasarnya hidrogen peroksida memang digunakan dalam produk pasta gigi dengan dosisi tidak lebih dari 0,1 persen.

Sementara tren yang beredar menyarankan agar menggunakan hidrogen peroksida untuk memutihkan gigi dengan dosis yang tidak jelas. Hal ini tentu salah karena penggunaan bahan tersebut yang tidak diawasi oleh dokter dapat memicu bahaya. Sebut saha kerusakan gigi dan gusi hingga dapat membakar jaringan lunak di dalam kulit.

3. Cleansing balm

Yang masih hangat adalah penggunaan cleansing balm selama 30 menit. Cleansing balm memang ditujukan sebagai langkah awal dalam melakukan double cleansing. Tetapi pengaplikasian yang benar hanya 30 detik hingga 2 menit saja.

Jika cleansing balm digunakan dalam durasi yang terlalu lama dan terus menerus justru dapat menyeybabkan iritasi kulit. Oleh karena itu, gunakan cleansing balm secara bijak ya.

4. Pil KB

Tren terakhir yang sebaiknya dihindari adalah mengonsumsi pil KB untuk mengatasi masalah jerawat. Pendapat ini memang datang dari dr. Mita, Sp. KK. Beliau mengatakan bahwa salah satu terap untuk mengatasi masalah jerawat dalah dengan mengonsumsi pil KB.

Namun, jika dilakukan dengan cara yang salah ditambah tanpa pengawasan ahli, justru pil KB dapat berbahaya bagi tubuh. Sebaiknya Sahabat Muslimah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu ya.

Itu tadi beberapa tren kecantikan yang sebaiknya dihindari. Sahabat Muslimah harus ingat bahwa tidak semua tren aman untuk ditiru. Apalagi bila belum ada pendapat ahli yang mendukung hal tersebut. Mulai sekarang, Sahabat Muslimah harus lebih berhati-hati, ya.

Itsna Diah

Add comment

Submit