Muslimahdaily - Sahabat Muslimah, siapa sih yang mau punya komedo? Yap, masalah kulit wajah yang satu ini memang masih dialami banyak orang. Walaupun enggak menimbulkan sakit, komedo sering kali menggangu penampilan dan membuat kita jadi enggak pede.

Hingga kini, sudah banyak cara ditemukan dan digunakan untuk mengatasi komedo. Mulai dari rutin menggunakan skincare, masker peel-off dari berbagai bahan, hingga perawatan ke dokter. Intinya apapun dilakukan agar si komedo membandel bisa hilang dari wajah.

Cara mengatasi komedo memang penting, namun yang lebih penting adalah mencegah komedo tersebut muncul di wajah. Komode hadir sebagai tanda bahwa ada racun atau minyak berlebih di kulit.

Komedo muncul ketika pori-pori kelenjar sebaceous tersumbat karena kelebihan minyak atau kotoran. Kemudian sel kulit mati yang menyumbat pori-pori bereaksi dengan oksigen dan berubah menjadi hitam yang kita sebut sebagai komedo.

Di samping itu, tanpa kamu sadari sebenarnya banyak kebiasaan buruk yang menyebabkan munculnya komedo di wajah. Dengan mengetahui penyebab tersebut, kamu enggak perlu lagi pusing-pusing memikirkan cara menghilangkannya, kan?

Apa saja kebisaan tersebut? Melansir dari berbagai sumber, berikut rangkuman Muslimahdaily untuk Sahabat Muslimah.

1. Menggunakan produk yang mengandung alkohol dan berbahan dasar minyak

Produk skincare berbahan dasar alkohol dan minyak dapat menyumbat pori-pori dan memicu penumpukkan sel kulit mati yang kemudian menjadi komedo. Oleh karena itu, sebaiknya Sahabat Muslimah menghindari produk-produk tersebut, ya.

Kamu dapat mengganti produk berbahan dasar minyak atau yang mengandung alkohol dengan krim berbasis gel. Pasalnya, gel lebih lebih aman digunakan untuk pemilik kulit acne-prone.

2. Stres

Sahabat Muslimah, apakah kamu sedang stres akhir-akhir ini? Kalau iya, bisa jadi penyebab munculnya komedo kamu adalah stres. Yap, stres menyebakan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh dan memicu komedo serta jerawat.

Untuk mengatasinya, cobalah bersantai sejenak dari rutinitas kamu. Kamu dapat melakukan hobi baru atau berbincang-bincang dengan temanmu.

3. Sering menyentuh wajah

Nah, kebiasaan yang satu ini juga masih sering dilakukan. Padahal menurut penelitian dari University of Colorado di Boulder, tangan kita membawa 3.200 bakteri dari 150 spesial yang berbeda. Saat menyentuh wajah dengan tangan, artinya kita memindahkan bakteri tersebut ke wajah.

Nah, hal tersebutlah yang memicu munculnya komedo dan jerawat. Ewh! Kebiasaan ini harus segera dihentika, ya Sahabat Muslimah.

4. Terlalu kering

Di antara rangkaian skincare, menggunakan pelembab salah satu tahapan paling penting, lho. Terlebih lagi di musim hujan ini, kulit kita jadi cenderung lebih kering. ketika tidak terhidrasi dengan baik, kelenjar sebaceous akan menerima pesan untuk memproduksi lebih banyak minyak. Hal tersebut untuk membuat kulit tetap lembap.

Dalam kasus ini, kelenjar sebaceous akan menghasilkan miyak berlebih dan menyebabkan penyumbatan yang akhirnya memicu komedo.

Walaupun kamu memiliki kulit berminyak, kamu tetap disarankan menggunakan jenis pelembap yang tepat agar kulit kamu tidak kering.

5. Merokok

Kebiasaan terakhir yang menyebabkan komedo adalah merokok. Tembakau yang terdapat dalam rokok dapat meningkatkan racun dalam tubuh sehingga homron menjadi tidak seimbang. Seperti yang kita tahu, hal tersebut memicu munculnya komedo hingga jerawat.

Di samping itu, merokok juga bukanlah kebiasaan baik dan justru dapat menimbulkan berbagai penyakit. Jika ingin terhindari dari itu semua, Sahabat Muslimah harus berhenti merokok, ya.

Nah, itu tadi beberapa kebiasaan yang dapat memicu komedo. Segera hentikan kebiasaan tersebut, ya.

Itsna Diah

Add comment

Submit