Muslimahdaily - Ali bin Abi Thalib adalah salah satu tokoh penting dalam sejarah Islam, beliau dikenal sebagai seorang pemimpin yang bijaksana dan teladan, termasuk dalam cara mendidik anak.

Ali bin Abi Thalib menggunakan rumus 7 x 3 sebagai acuan mendidik anaknya. Rumus ini menggunakan kategori usia anak.  Lalu, seperti apa caranya? 

Usia 0 - 7 tahun (Kategori Tahun Pertama)

Menurut Ali bin Abi Thalib, 7 tahun pertama dalam mendidik anak diibaratkan dengan memperlakukan mereka layaknya raja. Melayani anak dengan penuh kasih sayang, sepenuh hati dan tulus. Namun, tetap bersikap tegas.

Pada titik ini, orang tua harus memahami bahwa ini adalah waktu yang tepat bagi anak untuk bermain dan bereksplorasi. Jadi biarkan anak bermain dengan bebas, namun tetap diawasi dan pastikan anak mengalami tumbuh kembang yang optimal dan normal.

Jadilah teladan yang baik bagi anak dengan memberikan contoh perbuatan dan perkataan yang baik, karena anaknya terkadang meniru perilaku orang tuanya.

Usia 7 - 14 tahun (Kategori Tahun Kedua)

Pada kategori kedua, termasuk dalam prinsip penanaman. Hingga usia 7 tahun, kedua orang tua harus menjelaskan dengan tegas namun lembut.

Dilansir dari Kementrian Agama, Ali bin Abi Thalib mendidik anak pada usia 7 – 14 tahun dengan tegas. Sebab diusia ini adalah saat yang tepat bagi anak mengetahui akan hak dan kewajibannya.

Sama halnya yang diajarkan Rasulullah, yang mulai memerintahkan anak untuk salat wajib diusia 7 tahun, bahkan memperbolehkan orang tua untuk memukul. Tetapi pukulan yang tidak menyakiti anaknya.

Berikan penjelasan kepada anak-anak agar mereka dapat menunaikan kewajiban shalat 5 waktu. Juga, hargai anak sedemikian rupa sehingga mereka merasa termotivasi atas upaya dan tindakan positif mereka.

Usia 14 - 21 tahun (Kategori Tahun Ketiga)

Di tahun ketiga terakhir, orang tua didorong untuk memperlakukan anak sebagai sahabat. Bertindak sebagai sahabat agar mereka terbuka tentang segala hal. Ajak berdiskusi, berbagi pendapat dan pandangan untuk melatih anak mengutarakan pendapatnya secara bebas. Pada usia ini, anak juga berpartisipasi dalam kehidupan sosial.

Bimbing mereka untuk mencapai potensi mereka. Keluarkan potensi mereka dengan percaya diri, tanggung jawab, dan keberanian. Jelaskan juga sebab dan akibat dari perilaku mereka dan sampaikan rasa tanggung jawab agar anak berkembang menjadi pribadi yang dapat diandalkan.

Itulah beberapa cara mendidik anak ala Ali bin Abi Thalib. Semoga bisa menjadi inspirasi dan pedoman bagi para orangtua dalam mendidik anak-anak dengan cara yang baik.

Najwa Adlina

Add comment

Submit