Shakira menjadi juara Clash of Champions Ruangguru ( Foto : Instagram/@shakiraamirah )

Muslimahdaily - Usaha dan kerja keras Shakira Amirah mengalahkan puluhan peserta Clash of Champions (COC) terbayar lunas. Shakira berhasil gelar juara dalam program Garapan Ruangguru tersebut. Pada babak final, Shakira harus berhadapan dengan Axel Giovanni, Sabtu (17/8/2024).

Mahasiswi Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Indonesia (UI) sukses mengungguli Axel yang merupakan Mahasiswa National University Singapore (NUS). Kemenangannya ini dipersembahkan Shakira tak hanya untuk diri sendiri dan keluarga, tetapi juga untuk Indonesia dan mewakili wanita.

Shakira lahir di Kota Malang pada 6 November. Kemungkinan ia lahir pada tahun 2001 melihat dari angkatan kuliahnya, yaitu Angkatan 2020. Perempuan yang mengenyam pendidikan sebagai dokter tersebut merupakan buah hati dari kedua orang tua yang juga berprofesi sebagai dokter. Ayah Shakira, Dr. dr. Saleh Al Mochdar, Sp. BS, MH. Kes, FIHFAA, FRSPH, S.H, M.H, C-Med adalah Dokter Spesialis Bedah Saraf di RS PMI Bogor. Sementara ibu Shakira, dr. Atikah Aljufri, memiliki klinik kecantikan bernama Akira Skin Beauty Clinic di Jakarta Timur. 

Shakira diketahui memiliki kedua adik laki-laki, masing-masing Bernama Ali Abidin dan Muhammad Bagir. Tak banyak informasi yang didapatkan seputar Ali. Adapun untuk Bagir, ia baru saja lulus dari SMPN 115 Jakarta.

Perjalanan Pendidikan

Shakira Amirah merupakan lulusan SMPN 115 Jakarta. Ia menghabiskan masa putih abu-abunya di MAN Insan Cendekia Serpong, dan meneruskan perguruan tingginya di Universitas Indonesia jurusan Kedokteran. Saat ini, Shakira tengah disibukkan dengan kegiatan koas-nya.

Segudang Prestasi Gemilang

Beberapa waktu lalu, Shakira sempat mendapatkan sorotan dan decak kagum dari warganet karena berhasil menerbitkan 13 jurnal ilmiah yang terindeks Scopus. Ketertarikannya dalam bidang riset dan penelitian mendorong Shakira terus aktif dan berpartisipasi dalam penulisan jurnal ilmiah. 

Selain itu, Shakira juga langganan ikut dalam olimpiade. Ia tercatat pernah meraih medali perunggu Olimpiade Sains Nasional (OSN) Informatika saat masih SMA dan Best Participas di Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) Tahun 2020. Begitu menginjakkan diri sebagai mahasiswa, Shakira tak berhenti menorehkan prestasi. 

Shakira kemudian berhasil meraih juara 3 Mahasiswa Berprestasi Utama Universitas Indonesia 2023, lalu menyabet juara 1 Asian Medical Students Conference (AMSC) di Seoul.  Selain itu, Shakira juga pernah menjadi pembicara Tedx UNDIP 3.0.

Shakira sendiri tergabung dalam  juga menjadi bagian dari organisasi mahasiswa kedokternal internasional, yaitu Asian Medical Students Association (AMSA) International. Yang terbaru di tahun 2024 ini, Shakira Amirah mengikuti AMSN Oral Presentation dan menjadi satu dari 50 finalis di Global Student Prize 2024.

Jatuh Bangun Shakira di COC Untuk Meraih Kemenangan 

Siapa sangka peserta yang sebelumnya tereliminasi, kini berakhir menjadi pemenang? Shakira sebelumnya sempat tereliminasi pada episode 4-5 dan episode 7. Pada episode 4 dan 5, Shakira gagal menang dari tim Kenji Gunawan, mahasiswa asal University of California of San Diego dalam tantangan Memory Madness. 

Lalu, pada episode 7, Shakira kembali gagal dalam tantangan Invisble Maze. Saat itu ia harus merelakan kemenangan yang diraih oleh Nathan Keith Poernama. Namun, rangkaian kegagalan tersebut justru membuatnya makin melambung tinggi. Shakira berhasil lolos pada Revival Challenge dan kembali berpartisipasi di COC, hingga keluar menjadi juara 1.

Aleda Fanesya Maharany

Add comment

Submit