Muslimahdaily - Pernah mendengar World Hijab Day? World Hijab Day merupakan sebuah gerakan hijab yang dipelopori oleh seorang muslimah Amerika bernama Nazma Khan. Gerakan ini pertama kali dibuat pada tanggal 1 Februari 2013 dan dilaksanakan setiap tahunnya, yang berarti hari ini. Kamu sudah ikut berpartisipasi dalam World Hijab Day?

Tinggal di negara yang tak banyak memiliki umat muslim bukan hal yang mudah, apalagi bagi para muslimah. Dengan hijab yang dikenakan sebagai atribut tentu akan membuat seorang muslimah begitu menonjol dan terlihat berbeda. Itulah yang dirasakan para muslimah berhijab di negara-negara dengan mayoritas non muslim, Nazma Khan di Amerika, salah satunya.

Nazma merupakan gadis Bangladesh yang pindah ke New York di masa remajanya.Menggunakan hijab membuat Nazma sangat berbeda, ia kerap kali mendapat perlakuan tidak menyenangkan, seperti cemooh yang mengatakan dirinya adalah ninja atau Batman. Bahkan, saat tragedi 9/11 terjadi, Nazma dipanggil 'Osamah bin Laden' dan teroris.

Pengalaman pahit semasa sekolah dan kuliahnya itulah yang membuatnya tergerak untuk mengakhiri perlakuan diskriminasi yang banyak dialami muslimah seperti dirinya. Nazma sadar, cara untuk mengakhirinya adalah dengan membuat teman-temannya merasakan bagaimana rasanya memakai hijab.

Saat itulah, situs resmi World Hijab Day muncul beserta akun jejaring sosialnya. Lewat media online tersebut, Nazman mengkampanyekan pentingnya hijab bagi para muslimah dan pentingnya rasa saling menghormati dan toleransi dalam kehidupan sehari-hari. Gerakan World Hijab Day pun semakin berkembang dengan diikuti lebih dari 140 negara di seluruh dunia.

World Hijab Day tidak membatasi para muslimah saja, gerakan ini juga dilakukan oleh para wanita yang tidak berhijab, bahkan para wanita diluar agama islam, mereka mengenakan hijab selama 1 hari di tanggal 1 Februari dan mengirimkan foto serta tulisan yang menyatakan mereka mendukung hijab bagi para muslimah.

Seperti seorang wanita bernama Melissa dari Amerika. Ia bukan seorang muslimah namun mengunggah fotonya dengan hijab. Lewat akun Instagram World Hijab Day, ia mengungkapkan sangat menghormati dan mendukung seluruh wanita dari berbagai ras dan budaya.

World Hijab Day memiliki banyak sekali cabang resmi di berbagai negara. Kamu bisa mengikuti komunitas ini juga di Indonesia. Dengan slogannya, "Better Awarness, Greater Understanding, Peaceful World", World Hijab Day mengajak semua orang merasakan pengalaman berhijab dalam satu hari. Gerakan itu diharapkan bisa membuat orang lain paham jika hijab bukan wujud pengekangan, melainkan sebuah kebebasan dan perlindungan. Jadwal dan lokasi digelarnya World Hijab Day di berbagai negara bisa dilihat di situs resminya. Beberapa yang sudah melakukannya antara lain di Jerman, Korea, Malaysia, UK, Amerika, dan masih banyak lagi lainnya.

Selain gerakan berhijab pada 1 Februari, World Hijab Day juga memiliki beragam konten menarik lainnya. Banyak kisah penuh hikmah dan inspiratif dari berbagai muslimah di dunia yang bisa kamu baca. Kisah-kisah perjalanan hijrah mereka pun menarik sekali untuk disimak. Apalagi, banyak di antara mereka yang mendapat diskriminasi karena menjadi muslimah dan berhijab. Untuk itulah, World Hijab Day didirikan.

Menariknya lagi, gerakan ini sudah banyak disponsori dan dikampanyekan oleh banyak tokoh publik. Beberapa di antaranya adalah Carol Lee (Miss Universe 2013), kemudian politisi seperti Dr. Amina Namadi Sambo (istri Wakil Presiden Nigeria), dan masih banyak lagi lainnya. Gerakan ini pun sudah banyak diliput media-media besar dunia, seperti CNN, Huffington Post, Al-Jazeera, dan banyak lagi lainnya.

Nazma Khan sendiri saat ini aktif berbicara mengenai hijab di berbagai tempat dan kesempatan. Lewat World Hijab Day, Nazma memiliki sat tantangan saja. Tantangan tersebut bukan untuk orang lain, bukan untuk keluarga, teman dan lainnya. Tapi tantangan tersebut demi Tuhan yang kita yakini. Setiap 1 Februari ini, akan banyak yang mendukung mereka yang berhijab, maka Nazma mengajak semuanya untuk mencoba mengenakan hijab.

Kamu ingin mencobanya? Cukup unggah dan kirim foto kamu dengan kalimat yang mendukung aksi World Hijab Day ke akun resmi WHD di worldhijabday.com atau Instagramnya di @worldhijabday.

Mauliyatun Nisa

Add comment

Submit