Ilustrasi

Muslimahdaily - Dalam ajaran Islam, hari Jumat dianggap sebagai hari yang istimewa dan penuh berkah. Bagi seorang wanita muslimah, terdapat amalan-amalan yang dianjurkan untuk dilakukan pada hari Jumat guna mendapatkan keberkahan dan kebaikan. Berikut amalan-amalan hari jumat yang bisa diamalkan oleh muslimah,

- Membaca surat Al-Kahfi

Amalan paling penting pada hari Jum’at adalah membaca Surat Al-Kahfi. Sebenarnya ini bukan hanya penting untuk muslimah, tetapi seluruh kaum muslim dianjurkan untuk membaca Surat Al-Kahfi.

Dalam hadis yang diriwayatkan dari Abi Said Al-Khudri, disebutkan bahwa "Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat".

Selain itu, membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat juga dapat membantu melindungi diri dari fitnah Dajjal. Surat Al-Kahfi sendiri merupakan surat makkiyah dan terdiri dari 110 ayat. Meskipun membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat tidaklah wajib, namun amalan ini sangat dianjurkan bagi umat muslim, terutama bagi wanita muslimah yang tidak wajib hadir dalam shalat Jumat.

Dengan membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat, diharapkan umat muslim dapat memperoleh keberkahan dan kebaikan serta terhindar dari fitnah dan bahaya.

- Mandi Jum’at

Hadis riwayat Ibnu Hibban dari Ibnu Umar menyatakan bahwa "Barang siapa yang mendatangi shalat Jumat baik laki-laki maupun wanita maka hendaklah mandi." Oleh karena itu, mandi Jum'at merupakan amalan yang sangat dianjurkan bagi seorang muslimah. 

Namun dari berbagai sumber menyatakan bahwa seorang perempuan disunahkan untuk mandi Jum’at apabila ia mengikuti ibadah sholat dzuhur di masjid pada hari Jum’at. Namun, jika seorang muslimah memilih untuk sholat dzuhur di rumah, maka tidak lagi disunahkan.

- Memperbanyak sholawat

Membaca sholawat pada hari Jumat memiliki keutamaan tersendiri dalam ajaran Islam. Rasulullah SAW pernah bersabda, "Perbanyaklah sholawat kepadaku pada setiap Jumat. Karena sholawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barang siapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti" (HR Baihaqi dalam Kitab Sunan al-Kubro).

Hadits tersebut menjelaskan bahwa memperbanyak sholawat pada hari Jumat merupakan amalan yang dianjurkan karena sholawat tersebut akan tersampaikan langsung kepada Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu, memperbanyak sholawat di hari Jumat adalah salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

- Memperbanyak berdo’a

Membaca doa pada hari Jumat memiliki keutamaan tersendiri dalam ajaran Islam. Rasulullah SAW pernah bersabda, "Pada hari Jumat, ada satu saat di mana seorang muslim ketika berada dalam sujud, lalu ia memohon kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, pasti Allah akan mengabulkan permintaannya" (HR. Bukhari Muslim).

Hadits tersebut menunjukkan bahwa hari Jumat merupakan waktu yang sangat istimewa untuk memperbanyak doa, di mana doa seseorang akan lebih mudah dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Bagi seorang muslimah, memperbanyak doa pada hari Jumat juga dapat menjadi sarana untuk memohon keberkahan, keselamatan, dan kebaikan bagi dirinya, keluarganya, serta seluruh umat Muslim. 

- Memperbanyak berbuat baik

Melakukan perbuatan baik dan sedekah pada hari Jumat juga dapat membantu seorang muslimah untuk memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas hidupnya. Dengan memperbanyak perbuatan baik, seperti membantu orang lain, memberikan makanan atau minuman kepada yang membutuhkan, atau memberikan hadiah kepada anak yatim, seorang muslimah dapat merasakan kebahagiaan dan kepuasan batin yang tidak ternilai.

Selain itu, melakukan sedekah pada hari Jumat juga dapat membantu seorang muslimah untuk memperbaiki hubungannya dengan Allah Subhanahu wa ta'ala dan meningkatkan keimanan dan ketakwaannya. Dengan memberikan sebagian harta atau kebaikan kepada sesama, seorang muslimah dapat merasakan kebahagiaan dan kepuasan batin yang tidak ternilai. 

Berikut amalan-amalan bagi muslimah yang dapat dilakukan pada hari Jum’at. Semoga kita semua termasuk dalam hamba Allah Subhanahu wa ta'ala yang selalu dalam lindungan-Nya. Amiiin.

Widya Salsabila Nasith

Add comment

Submit