Muslimahdaily - Kini sudah hampir lebih dari tiga minggu sejak pemerintah mengimbau masyarkat melakukan aktivitasnya di rumah. Belajar, bekerja, dan beribadah terpaksa dilakukan di rumah, demi memperlambat laju penyebaran virus corona.

Kalau pada minggu awal kita bersemangat menjalani masa karantina, kini kejenuhan mulai menghampiri. Seluruh film dan series rasanya sudah habis ditonton dan resep sudah habis dicoba. Kita mulai rindu teman-teman dan suasana tempat biasa kita hangout.

Namun, apa boleh dikata. Karantina tetap harus dijalani dengan sabar. Untuk mengobati rasa bosan, mungkin kamu butuh suasana baru di rumah. Oleh karena itu itu, berikut ini Muslimahdaily berikan 5 rekomendasi kegiatan yang dapat mengatasi rasa bosanmu.

1. Piknik outdoor bermain gameboard dan puzzle

Rasa jenuh dapat diobati dengan cara membuat suasana baru di rumah kamu. Buatlah sebuah piknik dengan menggelar kain di halaman rumah, kost-kostan atau apartemen kamu. Ajak seluruh anggota keluarga dan teman dekat untuk ikut piknik ala kamu. Sebelumnya, siapkan menu manakanan favorit dan beberapa permainan seperti kartu, gameboard, atau puzzle.

2. Coba make up

Waktu senggang saat self-quarantine sangat cocok dijadikan untuk belajar teknik make up baru. Kamu bisa mencoba berbagai tema make up atau justru menciptakan kreasi make up mu sendiri. Nggak ada salahnya juga menambah koleksi pallete dan brush baru yang dibeli secara online.

3. Merajut atau membuat kerajinan tangan

Nggak pernah terpikirkan kamu akan belajar merajut atau menjahit? Well, di masa karatina ini nggak ada salanya mencoba berbagai kegiatan baru yang belum pernah kamu coba. Pilih kerajinan tangan yang paling menarik perhatian, lihat beberapa tutorial di Youtube, dan voila, tau-tau kamu jadi ahli, deh!

4. Buat podcast

Nah kalau yang satu ini, nggak cuma bermanfaat untuk diri sendiri tapi juga orang lain. Di saat kamu membuat podcast, kamu nggak hanya mengobati rasa bosan, namun juga dapat menghibur orang lain.

Suka atau tidaknya kamu berbicara, membuat podcast bisa jadi bentuk lain dari mengutarakan perasaan di buku diari saat kecil. Kalau merasa topik yang disampaikan terlalu pribadi, kamu bisa menyimpan podcast untuk diri sendiri. Namun, nggak ada salahnya memilih topik menarik untuk dijadikan materi podcast yang nantinya bisa di-upload secara publik, kan?

5. Ikut kursus /kelas online

Masa karantina yang panjang ini nggak boleh jadi alasan untuk kamu bermalasan-malasan. Daripada mengisi waktu kosong dengan hal yang sia-sia, lebih baik diisi dengan mengikuti kelas atau kursus online.

Dengan ikut kelas online, kamu nggak hanya akan mengobati rasa jenuh, namun juga mendapat ilmu tanpa harus membuang waktu melakukan perjalanan ke suatu tempat, kan?

Nah, Muslimahdaily sendiri punya kelas online yang sangat menarik, lho. Terdiri dari berbagai tema, kelas online ini dipandu langsung oleh ahlinya. Untuk kamu yang tertarik, silakan cek di sini (Buat #DiRumahAja Lebih Bermanfaat, Yuk Ikut 5 Kelas Online Inspiratif Ini!)

Itu dia beberapa aktivitas yang dapat dilakukan untuk mengobati rasa jenuh selama self-quarantine. Atau kamu punya aktivitas versi kamu sendiri? Share yuk!

Itsna Diah

Add comment

Submit