Muslimahdaily - Pusat perbelanjaan merupakan salah satu tempat yang digemari banyak orang. Mulai dari muda sampai tua. Disana mereka bisa membeli segala kebutuhan, menikmati berbagai macam hiburan atau hanya sekedar cuci mata.

Tanpa disadari, ketika masuk ke pusat perbelanjaan banyak orang yang pada akhirnya melakukan buying by accident atau membeli sesuatu yang tidak ada dalam rencana dan sebenarnya juga tidak terlalu dibutuhkan.

Tak hanya pembeli, di pasar juga ada penjual yang tak luput dari kelalaian. Mengabaikan suara adzan saat sedang transaksi, menunda atau bahkan meninggalkan shalat serta melakukan kecurangan dalam timbangan.

Semua hal di atas bisa saja terjadi saat kita luput dari mengingat Allah, atau berdzikir. padalah Rasulullah sudah meberikan nasihat bahwa berdzikir bisa dilakukan dimana saja, pasar sekalipun. Saat sedang menunggu pembeli, tawar menawar atau hanya sekedar melihat-lihat.

Abu Ubaidah bin ‘Abdullah bin Mas’ud berkata, “Ketika hati seseorang terus berdzikir pada Allah maka ia seperti berada dalam shalat. Jika ia berada di pasar lalu ia menggerakkan kedua bibirnya untuk berdzikir, maka itu lebih baik.” (Lihat Jaami’ul wal Hikam, 2: 524).

Dinyatakan lebih baik karena orang yang berdzikir di pasar berarti berdzikir di kala orang-orang tengah lalai.

Salah satu dzikir yang bisa kamu amalkan adalah sebagai berikut,

اَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ

Laa ilaaha illallaah wahdahu laa syariika lah, lahul-mulku wa lahul-hamdu, wa huwa 'ala kulli syai'in qodiir.

"Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan, bagi-Nya segala pujian. Dia-lah Yang Menghidupkan dan Yang Mematikan. Dia-lah Yang Hidup, tidak akan mati. Di tangan-Nya kebaikan. Dia-lah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu." (HR.Tirmidzi)

Agar terlindungi dan senantiasa terjaga pada hari itu, kamu juga bisa membaca dzikir pagi dan petang sebelum melakukan aktifitas di pusat perbelanjaan dan sesudahnya.

Anas bin Malik berkata bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda: "Aku duduk bersama orang-orang yang berdzikir kepada Allah dari mulai shalat subuh sampai terbenam matahari lebih aku sukai daripada memerdekakan empat orang budak dari anak Ismail.

Dan aku duduk bersama orang-orang yang berdzikir kepada Allah dari mulai shalat Ashar sampai terbenam matahari lebih aku cintai daripada memerdekakan empat orang budak." (HR.Abu Dawud)

Semoga kita bisa senantiasa terus mengingat Allah kapanpun dan dimanapun.

Suha Yumna

Add comment

Submit