Muslimahdaily - Bulan Ramadhan adalah Bulan Al Qur’an. Di bulan inilah Al Qur’an turun pertama kali kepada Rasulullah. Maka sudah menjadi aktivitas seorang muslim untuk mengisi bulan mulia ini dengan membaca, meresapi, dan memahami isi kitabullah.

Berikut penjelasan tentang keutamaan membaca Al Qur’an agar semangat bertadarus selalu diperbarui di bulan suci. Buatlah azzam (tekad) dalam hati agar meraih keutamaan tersebut. Kemudian dengannya, raihlah keberkahan Ramadhan dengan Al Qur’an Al Karim.

1. Perniagaan yang Selalu Untung

Rabb Ta’ala berfirman, “Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Faathir: 29-30).

Membaca Al Qur’an diibaratkan dengan perniagaan yang tak pernah merugi. Jadi, jangan khawatir bahwasanya tilawah Al Qur’an mengambil banyak waktumu untuk bekerja dan beraktivitas. Justru sebaliknya, tilawah menjadi jalan mendapatkan karunia-Nya yang luas. Bahkan rasakanlah keberkahan waktu dengan membaca Al Qur’an.

2. Lebih Baik dari Unta Besar

Membaca Al Qur’an meski hanya satu ayat saja, itu lebih baik dari mendapatkan harta berupa satu ekor unta besar. Jika membaca dua ayat, maka lebih baik dari dua ekor unta. Demikian seterusnya, setiap ayat dinilai lebih berharga dari seekor unta.

Maka bayangkan jika dalam sebulan Ramadhan, kita membaca seluruh ayat atau mengkhatamkan Al Qur’an. Maka nilainya lebih berharga dari 6.236 ekor unta. Masya Allah, mengkhatamkan Al Qur’an satu kali saja, dihargai lebih mahal dari ratusan lembah peternakan unta.

Hal ini berdasarkan sebuah hadits dari nabi. Rasulullah pernah bersabda kepada para shahabat beliau, “Siapakah di antara kalian yang suka berangkat pagi setiap hari ke Bathhan atau ‘Aqiq dan pulangnya membawa dua unta yang besar punuknya tanpa melakukan dosa dan memutuskan tali silaturrahim?”

Para sahabat menjawab, “Wahai Rasulullah, kami suka hal itu.” Beliau bersabda, “Tidak adakah salah seorang di antara kamu yang pergi ke masjid, lalu ia belajar atau membaca dua ayat Alquran? Sesungguhnya hal itu lebih baik daripada memperoleh dua ekor unta, tiga ayat lebih baik daripada tiga ekor unta, empat ayat lebih baik daripada empat ekor unta dan (jika lebih) sesuai jumlah itu dari beberapa ekor unta.” (HR. Muslim)

3. Satu Huruf 10 Kebaikan

Bukan ayat saja yang dihargai seekor unta, bahkan satu hurufnya pun mendapat balasan pula. Setiap huruf Al Qur’an yang dilantunkan, akan memberikan 10 kebaikan. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,

“Barang siapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka ia akan mendapatkan satu kebaikan dengan huruf itu, dan satu kebaikan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh. Aku tidaklah mengatakan Alif Laam Miim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan Mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi).

Masya Allah, hitungan kebaikan itu dinilai per hurufnya, bukan per ayat, apalagi per surat. Lalu, masih adakah yang enggan membaca kitabullah? Masih adakah yang enggan menggapai berkah dan kebaikan di bulan Ramadhan dengan membaca Al Qur’an?!

4. Bukan Hanya Keberkahan, Namun Ketenteraman Jiwa

Allah menganugerahi ketenteraman bagi siapa saja yang membaca Al Qur’an. Rabb Maha Penyayang juga memberikan rahmat-Nya untuk mereka, dan membanggakan mereka di hadapan makhluk lain.

Seperti yang disabdakan nabi. Bahwasanya Rasulullah bersabda, “Tidaklah berkumpul sebuah kaum di salah satu rumah Allah, mereka membaca kitab Allah dan mempelajarinya, kecuali akan turun ketenteraman kepada mereka, diliputi oleh rahmat, dikelilingi oleh para malaikat dan Allah akan menyebut mereka ke hadapan makhluk di sisi-Nya.” (HR. Muslim).

5. Keberkahan Untuk Seluruh Kaum

Dengan Al Quran, Allah meninggikan suatu kaum, atau merendahkannya. Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya Allah meninggikan suatu kaum karena Al Quran ini dan merendahkan juga karenanya.” (HR. Muslim).

Jika kaum tersebut membaca, mempelajari dan mengamalkan Al Qur’an, maka Allah akan meninggikannya. Jika terjadi sebaliknya, maka Allah akan merendahkan mereka. Karena itulah, jika menginginkan negeri ini baik, maka hendaklah mengkaji Al Qur’an.

Sungguh ada beragam kebaikan dalam meraih berkah dari Al Qur’an. Di bulan Al Qur’an ini, buatlah motivasi diri untuk rutin membaca kitabullah.

Lima poin di atas hanyalah beberapa poin keutamaan dan keberkahan dari Al Qur’an. Masih banyak keutamaan lain yang bukan hanya untuk kebaikan akhirat, namun juga dunia. Mari berlomba-lomba meraih keberkahan di Bulan Ramadhan dengan Al Qur’an.

Afriza Hanifa

Add comment

Submit