Muslimahdaily - Salah satu bentuk kasih sayang Allah pada hamba-Nya di dunia adalah memberi peringatan untuk berha-hati terhadap tipu daya iblis. Karena sesungguhnya iblis hadir di setiap momen kehidupan manusia. Menyusup melalui sel darah, mengelabui dengan cara membisikkan ke dalam pikiran hingga hati manusia.

Dalam surat Yasin, Allah secara terang-terang menegaskan bahwa syaitan adalah musuh terbesar manusia. “Bukankah aku telah memerintahkan kepadamu Hai Bani Adam supaya kamu tidak menyembah syaitan? Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagi kamu" (QS Yasin: 60).

Bahkan di dalam Al-Quran Allah menjelaskan bahwa iblis akan menggoda manusia kapanpun dan dari arah manapun.

"Iblis menjawab: Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus, kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka, dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat)” (QS Al-A’raf: 16-17).

Sebagai salah satu bentuk kewaspadaan kita sebagai manusia, berikut pengetahuan mengenai keturunan dan prajurit iblis dan tugas-tugasnya yang dijelaskan oleh pakar tafir terkemuka, Imam Mujahid sebagaimana di kutip Syekh Abdurrauf al-Manawi, mengutip dari Nu Online:

1. Al-Syabru

Iblis yang satu ini selalu berurusan dnegan segala bentuk cobaan yang meinmpa manusia. Ia akan datang dan membuat manusia menjadi galau dan tak sabar atas cobaan yang datang. Segela ekspresi belebih saat mengalami musibah seperti depresi, menangis, mengamuk dan sikap lainnya berhubungan erat dengan al-Syabru.

2. Al-Sauth

Cucu iblis yang satu ini berpperan dalam bidang pemberitaan. Ia berperan untuk mengotori sebuah berita dengan penuh kedustaan. Maraknya isu-isu hoakas yang tak jelas kebenarannya merupakan ulah dari kesuksesan si Iblis Al-Sauth.

3. Al-Zalanbur

Jika sahabat muslimah senang pergi ke pasar, maka waspadahal dengan iblis ini. ia selalu berada disana untuk menggoda para pebisnis untuk melakukanpenipuan dan kecurangan saat bertransaksi. Segala bentuk jani-jani palsu pedagang terhadap konsumen juga merupakan tipu daya Al-Zalanabur.

4. Al- A’war

Bertugas di bidang tindakan asusila, cucu iblis inilah yang mengajak manusia untuk terjerumus dalam seks bebas. Al-A’war mampu memberikan kenikmatan palsu pada wanita dan laki-laki yang berzinah.

5. Al-Dasim

Iblis ini berperan untuk menghancurkan keharmonisan rumah tangga. Pengaruhnya akan semakin cepat apabila sang suami memasuki rumah tanpa mengucapkan salah kepada keluarga yang ada di rumah atau tidak dalam kondisi berdizikir.

6. Al-Khanzab

Sering terganggu dalam shalat? Mungkin ini adalah salah sau ulah dari iblis Al-Khanzab. Ia secara khusus mengganggu salatnya manusia. Menjadi malas shalat, melangar etika shalat, tidak khusyu dalam shalar dan gangguan lainnya.

7. Al-Walhan

Hati-hati saat hendak bersuci, karena bisa jadi Al-Walhan ada di sekelilingmu. Ia bertugas mengganggu urusan bersuci manusia. Manusia dibuat ragu dan was-was tiapkali berwudhu, mandi atau aktivitas thaharah lainnya. Bahkan, iblis ini mempengaruhi manusia untuk menggunakan air secara berlebihan.

Semoga, kita bisa menjadi orang yang terus mengingat Allah kapanpun dan dimanapun agar iblis tak kuasa menggoda kita. Bentengilah diri dengan terus berdzikir dan membaca Al-Quran.

Semoga Allah selalu bersama kita. Aaamiin.

 

Suha Yumna

Add comment

Submit