Muslimahdaily - Setelah menyelesaikan tujuh putaran Tawaf  dan shalat sunnah dua rakaat di Maqam Ibrahim, dianjurkan untuk minum air dari sumur zamzam.

Memiliki banyak kemuliaan, air zamzam merupakan keistimewaan dan keajaiban dalam agama Islam. Selain, akibat sejarahnya yang muncul di tengah gurun pasir yang kering dan tandus saat Ismail, anak Nabi Ismail dan Siti Hajar kehausan ketika masih bayi.

Malaikat Jibril juga menggunakan air zamzam sebagai sarana untuk membersihkan hati Nabi Muhammad agar tidak tercampur dengan hal-hal yang hal-hal buruk dan tercela.

Dengan segala keistimewaan dan keajaibannya, umat muslim dinajurkan untuk mengetahui etika minum air zamzam. 

Niat

Seseorang yang meminum air zamzam hendaknya berniat terlebih dahulu karena air zamzam itu tergantung dengan niat seseorang. Jika meminumnya untuk mencari kesehatan, Allah akan memberi kesembuhan. Jika kamu meminumnya mencari perlindungan kepada Allah, Allah akan memberimu perlindungan. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, 

سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللَّهِ يَقُوْلُ: مَاءُ زَمْزَمَ لمِاَ شُرِبَ لَهُ

Artinya: “Air zam-zam itu tergantung niat orang.”

Baca Basmalah dan Doa Sebelum Minum

Seperti yang dianjurkan dalam agama Islam, baca basmalah dan doa ketika melakukan sesuatu. Salah satunya saat ingin minum. Setelah membaca basmalah bacalah doa minum air zamzam. Dikutip dari Rumaysho berikut doa minum air zamzam:

Diriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas, ketika meminum air zam-zam, beliau berdo’a:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْماً ناَفِعاً ، وَرِزْقاً وَاسِعاً وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ

Allahumma inni as-aluka ‘ilman naafi’an, wa rizqon waasi’an wa syifa-an min kulli daa-in,

Artinya: “Ya Allah, kami memohon kepada-Mu, ilmu yang bermanfaat, rizqi yang melimpah, dan kesembuhan dari setiap penyakit.” Namun riwayat ini adalah riwayat yang dho’if (lemah).

Jangan Meminumnya Dalam Satu Kali Teguk

Saat meminum air zamzam, dianjurkan untuk tidak meminumnya dalam satu kali teguk. Minumlah dalam tiga napas dan menghadap ke kiblat.

Minum Hingga Terasa Kenyang

Sebagaimana sabda Rasulullah bahwa, “Sesungguhnya tanda yang membedakan antara kita dan orang orang munafik adalah mereka tidak pernah meminum air zamzam hingga kenyang.” (H.R Ibnu Majah).

Itulah beberapa etika ketika kita ingin minum air zamzam. Jangan lupa untuk minum dengan menggunakan tangan kanan dan minum dengan posisi duduk. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Najwa Adlina

Add comment

Submit