Muslimahdaily - Tak terasa, Hari Raya Idul Adha akan segera tiba. Umat Islam beramai-ramai berqurban dengan kambing ataupun sapi. Biasanya para wanita sudah mulai sibuk memikirkan masakan apa yang akan mereka buat dengan bahan dasar daging-daging yang diterima.

Jika kamu belum terpikir sama sekali akan memasak apa nanti, berikut 5 ide masakan berbahan dasar daging kambing dan sapi qurban yang bisa kamu coba di rumah:

1. Sate sapi dan kambing

Sate merupakan salah satu makanan favorit orang Indonesia di Hari Raya Idul Adha. Ini bisa menjadi salah satu ide kamu untuk mengolah daging kambing atau sapi nanti. Bahan-bahannya cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan tusuk sate, bawang merah, bawang putih kemiri dan bumbu penyedap.

Untuk bumbu kacangnya kamu hanya perlu menyiapkan kacang tanah yang diblender. Kalau kamu lebih suka dengan bumbu kecap, maka kamu hanya perlu tuangkan kecap dengan beberapa irisan bawang. Sate siap dibakar.

2. Semur daging kentang tahu

Sudah mulai bosan dengan sate? Semur daging bisa menjadi pilihan sajianmu di lebaran idul adha. Sajian dengan daging berkuah coklat ini sangat nikmat dimakan bersama dengan nasi hangat.

Bahan-bahannya juga mudah ditemukan, seperti bawang merah, putih, ketumbar, gula jawa, kecap dan lainnya. Kamu juga bisa menambahkan teman daging dengan kentang dan tahu atau sayuran lainnya.

3. Daging sapi lada hitam

Daging lada hitam merupakan olahan daging sapi dengan bumbu dasar saus tiram dan kecap manis. Dicampur dengan bawang bombay dan bumu dasar lainnya.

Rasanya yang sedap dan pedas saus tiram pasti akan menambah selera makanmu di hari raya nanti.

4. Rendang sapi pedas

Makanan ini mungkin sudah sering kamu temukan di rumah makan masakan padang dan menjadi salah satu makanan yang banyak disukai orang luar negeri. Di hari raya, rendang juga menjadi salah satu makanan spesial.

Untuk yang satu itu, kamu memang membutuhkan cukup banyak bumbu masak, mulai dari kunyit, santan, daun jeruk, cabai dan bahan-bahan lainnya. Kamu bisa memilih tingkat kematangan sendiri. Kalau kamu suka rendang kering, harus sabar ya menunggu di depan wajan.

5. Sop buntut sapi

Setelah makan daging dengan olahan kering, kini kamu bisa mencoba sop buntut sapi yang cocok banget untuk temani makan siangmu. Ukuran buntut sapi tak selalu sama besar, ia akan mengikuti ekor sapi.

Pangkalnya besar dengan tulang lebih banyak,kemudian bagian tengah berdaging dan ujungnya hanya tualng saja. Kamu bisa memilih buntut bagian tengah yang ukurannya cukup sama dan cukup berdaging.

Untuk kuahnya bisa kamu olah sesuai dengan seleramu, bisa dibuat bening atau bersantan.

Itu dia 5 olahan masakan daging qurban yang bisa kamu coba di rumah. Untuk resep dan cara pembuatannya bisa disesuaikan dengan seleramu ya. Selamat mencoba!

 

Suha Yumna

Add comment

Submit