Muslimahdaily - Mizu shigen mochi, atau raindrop cake merupakan makanan yang sempat viral beberapa tahun lalu. Makanan ini sebenarnya sangat sederhana, berbahan dasar jelly dan air gula serta bubuk kacang kedelai.

Dinamakan raindrop karena jelly sengaja dibentuk seperti tetesan air hujan yang bening. Karena resep moci ini memakai lebih banyak air, maka rasanya tidak terlallu manis, tetapi terbantu dengan rasa air gula dengan bubuk kedelai.

Cara pembuatannya sangat mudah, hasil akhir dan rasanya juga unik. Kamu bisa mencobanya di rumah, berikut resep dari salah satu food vlogger, Pufflova:

Resep Bubuk Kedelai:

• 80 gr kacang kedelai
• 3 sdt gula

Resep Sirup Gula / Kuromitsu:

• 30 gr / 2 sdm gula pasir
• 30 gr / 3 sdm gula palem
• Sejumput garam

Raindrop (Versi Jelly):

• 1 sdt jelly bubuk tanpa rasa
• 4 sdt gula
• 350 ml air

Cara pembuatan bubuk kedelai:

1. Ambil kacang kedelai dan cuci sampai bersih, kamu bisa buang kulit yang terkelupas.

2. Tiriskan sampai airnya tinggal sedikit, kemudian sangria kacang kedelai sampai warna kecoklatan.

3. Angkat dan dinginkan kacang, setelah dingin masukkan ke dalam blender dan masukkan 3 sdt gula pasir kemudian haluskan sampai berbentuk bubuk.

4. Saring bubuk kacang hingga tersisi bubuk kedelai halus.

Cara pembuatan jelly:

1. Siapkan cetakan agar berbentuk bulat, atau kalau tidak ada kamu bisa gunakan gelas dengan bentuk setengah lingkaran di bagian bawahnya.

2. Masukkan bubuk jelly, gula pasir dan air ke dalam panci kemudian masak dan aduk sampai mendidih. Setelah itu kamu bisa masukkan ke dalam cetakan. Masukkan ke dalam kulkas.

Cara membuat air gula:

1. Masukkan gula pasir dan gula palem takaran sesuai resep, kemudian masukkan garam dan air. Masak di api kecil hingga air mendidih. Hindari di aduk agar gula cepat larut. Didihkan selama 1 menit.

2. Saring sirup gula, biarkan hingga dingin untuk disajikan.

Setelah semuanya jadi, kamu bisa platting agar-agar beserta bubuk kedelai dan air gula dalam satu piring.

Selamat mencoba!

Suha Yumna

Add comment

Submit