Muslimahdaily - Banyak aktifitas dan pekerjaan yang harus diselesaikan sering kali membuat kita merasa stres dan cemas. Rasa stress yang muncul biasanya membuat kita jadi tidak bersemangat dan lesu dalam menjalani hari.

Kondisi seperti ini tidak baik jika dibiarkan terlalu lama. Apabila kita terus menerus membiarkan rasa stres dan cemas itu menghantui, hal ini akan memicu timbulnya berbagai penyakit. Oleh karena itu, jika sahabat muslimah sedang merasa stress dan cemas segeralah lakukan hal yang membantu menghilangkan perasaan mengganggu itu.

Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang dapat membantu menghilangkan rasa stress. Berikut Muslimahdaily rangkum beberapa makanan yang disebut-sebut dapat menghilangkan rasa stres dan cemas, dilansir dari berbagai sumber:

Cokelat

Cokelat adalah salah satu jenis makanan yang dipercaya dapat memperbaiki mood. Kandungan hormon kortisol yang ada di dalam cokelat membantu untuk mengatasi rasa stress seseorang. Bahkan, cokelat juga dipercaya dapat menstabilkan metabolisme seseorang. Jadi tidak diragukan lagi, cemilan ini bisa jadi salah satu alternatif bagi hatimu yang sedang stres dan kacau balau.

Madu

Madu memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Makanan yang disebutkan di dalam Al Qur'an ini ternyata dipercaya dapat mengatasi rasa stres dan cemas. Hal itu disebakan karena madu memiliki kandungan triptofan yang tinggi. Jika ingin mengonsumsi madu, kamu bisa langsung meminumnya dengan air putih atau mencampurkan madu dengan semangkuk buah. Dengan mengonsumsi ini stresmu akan hilang.

Alpukat

Alpukat adalah buah favorit banyak orang untuk dijadikan jus. Buah ini ternyata memiliki kandungan kalium yang dapat membantu menurunkan tingkat stres dan memberikan rasa tenang. Selain kalium alpukat juga memiliki banyak kandungan zat yang baik untuk kesehatan tubuh seperti beta karoten, dan vitamin E. Jika kamu sedang stress dan cemas segera konsumsi buah alpukat untuk membantu memberikan rasa tenang.

Kacang Almond

Kacang almond adalah sumber protein nabati yang kaya akan vitamin. Kandungan vitamin B, magnesium, dan kalsium pada kacang almond dapat membantu menghilangkan stress yang ada dipikiran seseorang. Kadar lemaknya yang rendah, membuatmu tak perlu khawatir untuk mengonsumsi kacang almond sebagai cemilan.

Es Krim

Peneliti membuktikan bahwa es krim adalah salah satu makanan penenang pikiran. Ternyata, mengonsumsi makanan dingin seperti es krim menimbulkan efek bahagia dan menenangkan pada otak. Rasanya yang manis dan dingin dijamin akan membantu menghalau segala rasa stres yang sedang kamu rasakan.

Fiiki Rabbina

Add comment

Submit