Muslimahdaily - Memiliki pola makan yang baik merupakan kunci agar memperoleh hidup sehat. Tapi, pola yang sudah disusun sering kali terganggu karena kudapan yang kurang sehat. Apalagi mengonsumsi kudapan yang kurang sehat dapat berakibat meningkatkan beran badan.

Namun, jangan khawatir. Untuk mengakali rasa iseng, kamu dapat mengonsumsi kudapan rendah kalori yang tak kalah lezat. Dengan mengudap makanan bergizi yang mengandung protein dan serat tinggi, kamu nggak hanya akan mengurangi rasa lapar, namun juga mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi dalam satu hari.

Nah, kali ini Muslimahdaily rekomendasikan 5 kudapan rendah kalori yang lezat dan mudah dibuat.

1. Apel dengan selai kacang

Apel sendiri merupakan pilihan menu yang baik untuk pola makan sehat. Agar menambah kelezatan, kamu dapat mencampurkan potongan apel dengan selai kacang. Pastikan selai kacang yang digunakan merupakan selai kacang alami yang hanya mengadung kacang dan garam pada komposisinya.

Apel nyaris tidak mengandung lembak dan rendah kalori. Buah ini kaya akan antioksidan, flavonoid, serat, air, vitamin C, kalium, pektin, dan asam ursolat. Sementara selai kacang mengadnugn lemak tidak jenuh, tinggi akan antioksidan, zat kalium dan pitosterol. Mengonsumsi selai kacang sendiri dapat membuat kenyang dan menurunkan berat badan.

Siapkan satu buah apel yang sudah dipotong-potong kemdian tambahkan 2 sendok makan selai kacang. Kudapan in hanya mengadung 267 kalori, lho.

2. Greek yogurt dengan beri

Greek yogurt atau yogurt Yunani mengandung protein dan nutrisi yang penting seperti kalsium, magnesium, dan kalium. Sementara beri mengandung serat dan antioksidan yang dapat menangkal penyakit serta membantu mencegah kerusakan sel dalam tubuh.

Rasa asam dan manis dari beri pilihan akan menambah kelezatan dari yogurt Yunani. Pastikan kamu memilih yogurt plain tanpa pemanis.

Kudapan yang terdiri dari 200 gr yogurt Yunani dan 70 gr blueberry cuma menghasilkan 180 kalori, lho. Lezat dan sehat, kan?

3. Chicken salad dan ketimun

Chicken salad atau salad ayam sendiri sebenarnya dapat menjadi menu baik untuk makan berat ataupun sebagai kudapan. Chicken salad biasanya terdiri dari dada ayam rebus, bawang putih, selada air, kol ungu, wortel, alpukat, dan mayonnaise.

Ketimun yang kaya akan beta karoten, mangan, vitamin C, dan antioksidan dapat menurunkan berat badan. Dengan menambahkan ketimun pada chicken salad, kamu nggak perlu takut akan kandungan kalori di dalamnya.

Kudapan yang terdiri dari 58 gram chicken salad dan 118 gram ketimun cum akan menghasilkan 228 kalori.

4. Puding biji chia

Chia seed atau biji chia merupakan biji hitam kecil yang kayak akan lemak sehat, serat, protein, kalsium, dan magnesium. Biji chia ini akan mengendam setelah direndam dengan air. Puding biji chia dapat dibuat dengan resep berikut:

60 gr biji chia
375 ml susu kacang almond
1 sdt ekstrak vanili
1sdm sirup maple

1. Susun semua bahan di wadah atau gelas, biji chia dapat diletakkan di atas maupun di bawah

2. Dinginkan campuran tersebut di kulkas selama semalaman

3. Pada saat ingin dinikmati, kamu dapat menambahkan blueberry atau buah lain

Resep ini hanya menghasilkan 200-300 kalori, lho.

4. Smoothies

Jika kamu tidak suka mengonsumsi buah dan sayuran utuh, smoothies bisa jadi solusinya. Selain sehat, smoothies cenderung lebih lezat karena kita dapat menambahkan beberapa bahan secara langsung. Untuk kudapan rendah kalori, kamu dapat mencampurkan sayuran hijau, beri, dan bubuk protein secara bersamaan. Hindari menggunakan mentega, kacang, dan kelapa karena cenderung berkalori tinggi.

Nah, itu dia beberapa kudapan berkalori rendah yang enak dan mudah dibuat. Berani coba?

Itsna Diah

Add comment

Submit