Muslimahdaily - Apakah Sahabat Muslimah sering merasa ingin mengonsumsi makanan manis terus menerus? Jika iya, bisa jadi kamu mengalami yang namanya sugar craving.

Sugar craving sendiri merupakan keinginan untuk mengonsumsi makanan manis sekalipun tidak tidak sedang lapar. Jika keinginan tersebut terus terjadi dan dipenuhi, lama-lama akan menjadi kebiasaan. Nah, kebisaan inilah yang akan memberi dampak buruk bagi kesehatan kamu.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis akan meningkatkan sejumlah resiko penyakit. Sebut saja diabetes, obesitas, dan kerusakan gigi.

Nah, jika Sahabat Muslimah mengalami sugar craving, ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menghentikan kebiasaan ini. Melansir dari laman HerStory, berikut tipsnya.

1. Sarapan

Mulailah dengan rutin melakukan sarapan setiap hari. Pasalnya, kebiasaan tidak sarapan akan membuat seseorang jadi mudah lapar di siang hari dan ingin mengonsumsi makanan manis.

2. Tidur yang cukup

Salah satu cara menghentikan sugar craving adalah dengan tidur yang cukup di malam hari. Tidur yang cukup dan berkualitas dapat mencegah kamu dari rasa lapar sekaligus melepas hormon pemicu stres.

3. Minum air putih yang cukup

Saat merasa lapar, alih-alih mengonsumsi makanan manis, cobalah untuk minum segelas air hangat. Minum air akan membantu mengirim sinyak ‘kenyang’ ke otak, dan mampu menekan keinginan untuk mengonsumsi snack manis.

4. Cukupi kebutuhan nutrisi harian

Salah satu pemicu sugar craving adalah karena tubuh kekurangan magnesium. Untuk itu, penting agar Sahabat Muslimah mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral dengan cara menjaga pola makan. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang tinggi akan magnesium seperti, alpukat, pisang, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

5. Kurangi stres

Cara terakhir adalah dengan meredakan stres. Pasalnya stres akan mempengaruhi pola makan kamu dan berkahir dengan mengonsumsi makanan manis.

Untuk meredakan stres sendiri, Sahabat Muslimah dapat melakukan olahraga rutin serta melatih fokus pikiran secara rutin.

Itu tadi beberapa cara untuk mengurangi sugar craving. Ingat selalu kesehatan kamu saat ingin mengonsumsi makanan manis secara berlebihan ya, Sahabat Muslimah.

Itsna Diah

Add comment

Submit