Muslimahdaily - Sahabat Muslimah, penuaan dini dapat disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya gaya hidup yang tidak sehat. Di balik itu, ternyata ada sejumlah makanan yang dapat mempercepat penuaan. Beberapa di antaranya bahkan termasuk makan sehat, lho.

Apa saja makanan tersebut? Melansir dari laman HerStory, yuk simak rangkuman berikut.

1. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng memang jadi favorit banyak orang. Terlebih lagi disantap selagi hangat.

Padahal faktanya, gorengan memang nggak baik untuk kesehatan, termasuk bisa menyebabkan penuaan dini. Kandungan lemak jahat yang ada di dalamnya dapat memicu kegemukan dan radikal bebas penyebab penuaan.

2. Daging merah

Di balik manfaat baik daging merah yang mengandung protein, serat dan berbagai mineral yang dibutuhkan tubuh, daging juga ternyata dapat memicu penuaan dini, lho. Lemak yang terdapat di dalamnya mampu membuat kulit cepat mengendur jika terlalu banyak dikonsumsi.

Selain daging merah, daging olahan seperti sosis dan daging cepat saji juga mempercepat penuaan. Pasalnya daging olahan mengandung pengawet yang tinggi sehingga dapat memicu radikal bebas yang dapat merusak organ lebih cepat.

3. Gula

Gula memang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi energi. Di balik itu, gula juga meningkatkan pembentukan AGE yang dapat merusak kolagen. Serabut kolagen harus tetap terhubung untuk menjaga struktur kulit.

Ketika terlalu banyak gula yang diterima tubuh, hubungan antar serat dan kolagan dapat rusak. Ditambah dengan paparan sinar UV, kolagen di kulit akan semakin sedikti dan rusak. Hal ini akan membuat kulit jadi cepat mengeriput, lho.

Untuk itu, kurangi mengonsumsi makanan yang mengandung gula namun tetap sesuai kebutuhan. Imbangi juga dengan asupan buah dan sayur serta lemak, ya.

4. Susu

Sama halnya dengan gula, susu juga sebenarnya mengandung sumber nutrisi yang baik untuk tubuh. Dengan rutin mengonsumsi susu, tubuh akan mendapat asupan kalsium. Namun, susu juga cenderung meningkatkan peradangan yang menyebabkan stres oksidatif, salah satunya penuaan dini.

Kandungan laktosa yang terdapat dalam susu juga dapat meningkatkan pembentukan AGE dan berakhir dengan rusaknya kolagen dalam kulit.

Mengurangi konsumsi susu juga termasuk makanan yang kaya akan susu seperti keju dan yogurt. Untuk mendapat nutrisi kalsium, Sahabat Muslimah dapat mengonsumsi sayuran hijau.

5. Makanan yang kaya akan karbohidrat tinggi

Makanan seperti kentang, beras putih, roti, dan makanan kalori tinggi lainnya mengandung banyak gula yang dapat memicu penumpukan lemak pada tubuh. Ketika tubuh kelebihan lemak, kulit akan menjadi melar, terlebih kalau nggak dirawat secara baik.

Untuk mencegah kulit keriput dan mengendur, Sahabat Muslimah dapat mulai mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan vitamin A dan C. antioksidan tersebut dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan memberi nutrisi untuk kolagen serta elastin.

Itu tadi beberapa makanan yang dapat menyebabkan penuaan dini. Semoga bermanfaat!

Itsna Diah

Add comment

Submit