Muslimahdaily - Sahabat Muslimah, sebagai perempuan kita pasti suka dengan rutinitas menggunakan skincare. Yap, walaupun nggak selalu mendapatkan hasil yang diinginkan, memijat atau mengelus wajah rasanya sangat menyenangkan, bukan?

Terlebih lagi di saat pandemik seperti ini, porsi waktu kita selama di rumah jadi lebih besar. Alhasil, waktu untuk merawat tubuh dan wajah pun juga semakin banyak.

Selain untuk merawat tubuh dan kulit, ternyata rutinitas skincare-an ini turut berpengaruh untuk kesehatan mental juga, lho. Merangkum dari laman HerStory, yuk simak apa saja manfaat skincare-an untuk mental kita.

1. Memiliki rutinitas yang lebih bermanfaat

Saat masa pandemik yang mengharuskan untuk tetap di rumah, kita jadi punya lebih banyak waktu senggang. Nah, akan lebih tepat bila waktu luang ini dapat kita manfaatkan untuk menggunakan skincare.

Selain untuk memanjakan dan merawat tubuh, rutinitas skincare ini pastilah lebih bermanfaat dibandingkan berleha-leha saja. Menurut penelitian yang diterbitkan Lancet Pyschiatri pada Juni 2018 lalu, para peneliti menemukan kalau orang-orang yang memiliki rutinitas kurang konsisten sepanjang hari, mungkin akan rentan menderita depresi mayor, gangguan bipolar, gangguan mod, merasa kesepian, dan kurang bahagia.

2. Membantu mengurangi rasa khawatir dan fokus merawat diri

Melakukan perawatan wajah seperti mencuci, mengencangkan dan melembapkan wajah mampu membantu mengalihkan pikiran negatif yang ada di benak. Terlebih dari itu, ketika kita mendapatkan hasil yang diinginkan, tentunya kita akan merasa lebih senang, bukan?

3. Meningkatkan mood

Saat menggunakan produk skincare favorit, kita cenderung membantu meningkatkan mood, lho. Terlebih lagi bila produk body lotion kita memiliki wangi yang harum. Nah, untuk menambah mood, kamu bisa lho menyalakan lilin dan mendengar melodi yang indah sambil menggunakan skincare.

4. Jadi waktu yang tepat untuk bonding dengan keluarga

Melakukan perawatan bersama dengan orang yang disayangi juga dapat meningkatkan kebahagiaan, lho.

Berdasarkan jurnal dari Pyschological Science, menghabiskan waktu untuk melakukan hobi bersama orang yang dicintai dapat meningkatkan kebahagiaan. Nah, makanya saat menggunakan skincare, jangan lupa ajak ibu, adik atau kakak perempuanmu, ya. Hal ini bisa jadi quality time bersama keluara, nih.

Nah, itu tadi beberapa manfaat menggunakan skincare untuk kesehatan mental. Jadi makin semangat untuk skincare-an, kan?

Itsna Diah

Add comment

Submit