Muslimahdaily - Sahabat Muslimah, apakah kamu memiliki komedo wajah yang kasar? Kalau iya, maka kamu dapat mengatasinya dengan melakukan scrub wajah.

Produk scrub memang sudah banyak beredar di pasaran, mulai dari harga terjangkau hingga yang mahal sekalipun. Tapi, kalau Sahabat Muslimah lebih suka menggunakan skincare alami, ada juga scrub yang terbuat dari bahan-bahan alami yang mudah didapat.

Scrub alami mampu membuat mengatasi masalah wajah seperti komedo, kulit kering, serta mengecilkan pori-pori dan membuat kulit lebi halus.

Nah, banyak banget kan manfaat dari scub alami? Oleh karena itu, berikut ini Muslimahdaily rangkumkan 5 scrub dari bahan alami yang mudah dibuat dilansir dari laman HerStory. Yuk simak!

1. Scrub dari lidah buaya

Lidah buaya memang dikenal akan khasiatnya yang melembabkan dan menghaluskan kulit wajah. Selain itu, scrub dari lidah buaya juga mampu menenangkan kulit setelah terpapar sinar matahari.

Scrub liday buaya cukup mudah dibuat. Caranya, Sahabat Muslimah cukup mencampurkan gula merah yang sudah dihaluskan, gel lidah buaya, dan extra virgoin oil olive. Kemudian oleskan ke wajah selama beberapa menit. Setelah itu bilas dengan air.

2. Scrub dari oat

Tak hanya lezat dikonsumsi, oat juga ternyata bisa dijadikan eksfoliator yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Tapi, pastikan oat yang kamu pakai dihaslukasann terlebih dahulu sehinga tidak terlalu kasar.

Caranya, Sahabat Muslimah dapat menggunakan 1 sendok oat meal yang dicampurkan dengan 3 sendok air hangat. Kemudian oleskan secara halus ke wajah selama 2 menit kemudian bilas dengan air hangat lalu air dingin.

Cara lainnya adalah mencampurkan oat dengan madu dan yogurt. Oleskan selama beberapa menit kemudian bilas dengan air.

3. Scrub dari kopi

Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi ternyata juga mampu mengurangi penumpukan cairan di bawah mata dan meredakan perdangan pada kulit. Sementara serbuk kopi yang bertekstur dapat mengangkat sel-sel kulit mati.

Caranya, pastikan dahulu kalau serbuk kopi yang kamu gunakan cukup halus dan tidak terlalu kasar. Lalu campurkan dengan sedikit air hangat hingga serbuk kopi agak mengental. Oleskan ke wajah dan tunggu 3 menit, barulah bilas dengan air.

Cara lainnya, Sahabat Muslimah dapat mencampurkan kopi dengan cocoa butter/shea butter, gula, lemon dan clay bentonite. Aplikasikan secara lembur ke wajah selama 3 menit, lalu bilas.

4. Pepaya dan nanas

Siapa sangka kalau pepaya dan nanas ternyata baik untuk wajah. Walau tidak mengandung bulir-bulir halus seperti scrub pada umumnya, kedua buah ini punya enzim yang bisa mengeksfoliasi tanpa gerakan scrubbing.

Caranya, campurkan gula halus, air nanas, dan air pepaya secukupnya. Oleskan campuran tadi ke wajah dan tunggu selama 20 menit. Setelah itu bilas dengan air.

5. Almond dan teh hijau

Sama halnya dengan oat, almond ternyata juga dapat berperan sebagai eksfolaitor alami. Sementara teh hijau mengandung antioksidan yang baik untuk kulit.

Cara mambuatnya, campurkan kacang almond yang sudah dihaluskan, yogurt, dan teh hijau secukupnya. Oleskan ke wajah dan tunggu beberapa menit. Kemudian bilas dengan air.

Nah, itu tadi beberapa scrub dari bahan alami yang dapat Sahabat Muslimah coba. Semoga bermanfaat.

Itsna Diah

Add comment

Submit