Muslimahdaily - Patah hati adalah salah satu bagian yang menghiasi hidup kita. Bentuk dari patah hati pun beraneka ragam, mulai dari ditinggal orang terkasih, kekecewaan hingga pupusnya harapan. Apakah kamu salah satu yang sedang mengalami hal ini?

Tentunya bukanlah hal yang mudah untuk mengatasi patah hati. Sebab, luka yang membekas di hati termasuk luka psikologis yang juga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Biasanya orang yang sedang patah hati cenderung tidak nafsu makan, sulit tidur hingga kurang semangat.

“Insomnia, terganggungnya pikiran, terganggunya sistem kekebalan tubuh, dan 40 persennya mengalami depresi,” kata Guy Winch, seorang psikolog Amerika, dalam sebuah sesi pidato di TED talks berjudul How to Fix a Broken Heart.

Namun, bukan berarti patah hati enggak bisa disembuhkan, lho. Melansir laman Psychology Today, berikut langkah-langkah menyembuhkan patah hati yang Muslimahdaily rangkum untuk kamu.

1. Bersikap Jujur pada Diri Sendiri dengan Menerima Kesedihan

Merasakan sedih adalah hal yang normal. Jika kamu sedang patah hati dan merasakan kesedihan yang amat mendalam, maka biarkanlah kesedihan tersebut kamu rasakan. Jadilah seseorang yang jujur pada dirimu sendiri. Berikan dirimu waktu untuk memahami respon alami tubuhmu.

Selain itu, tak ada salahnya bercerita dengan keluarga atau teman dekat. Terkadang, bercerita dengan psikolog juga merupakan langkah yang tepat untuk mengurangi kesedihan.

2. Lepaskan Diri dari Harapan Palsu

Harapan palsu itu layaknya narkoba, yang mana hanya memberikan kesenangan sesaat dan menunda kehancuran yang sebenarnya. Jadi, jangan mudah terbuai oleh harapan palsu yang kamu buat sendiri dalam pikiranmu.

Ketika kamu sampai pada sebuah penerimaan atas apa yang sebenarnya sudah terjadi, di situlah penyembuhan yang sebenarnya dimulai.

3. Menghilangkan Kontak dengan Pemicu Kesedihan

Layaknya orang kecanduan, langkah pengobatan pertama yang harus dilakukan yaitu menghindari zat adiktifnya itu sendiri. Sama halnya dengan patah hati, Winch menyarankan bahwa dalam hal kecanduan cinta, yang terbaik adalah melakukan "cold turkey". Cara ini dilakukan dengan membatasi bahkan memutuskan kontak dengan seseorang yang menjadi pemicu kesedihanmu.

4. Hindari Sikap Idealis

Sering kali, kamu cenderung mengidealkan seseorang atau objek yang hilang. Pikiranmu hanya berputar pada momen-momen indah yang dulu telah kamu ciptakan bersama, tanpa sedikitpun mengingat pertengkaran yang telah membuat kamu kecewa.

Maka dari itu, perlu adanya teman atau terapis untuk mengingatkanmu akan realitas hidup. Dengan mengingatkan diri sendiri tentang hal-hal negatif, kamu dapat menyeimbangkan persepsimu. Sehingga, kamu terhindar dari jebakan bahwa kamu tidak akan menemukan seseorang sesempurna dirinya.

5. Jangan Mudah Menyalahkan Diri

Banyak orang menyalahkan dirinya di setiap kegagalan yang terjadi. Mereke cenderung mencela diri sendiri dengan mempertanyakan “Apa aku belum cukup baik ya? Apa yang salah denganku? Andaikan aku lebih cantik dan pintar, mungkin saja dia masih tetap tinggal.”

Hal tersebut justru  akan membawamu kepada kebencian dan keputusasaan terhadap dirimu sendiri. Untuk menghindarinya, cobalah kamu memahami bahwa kegagalan dalam suatu hubungan merupakan jalan untuk mengenali dirimu yang sebenarnya. Dengan berakhirnya sebuah hubungan yang salah, maka kamu semakin didekatkan dengan sesuatu kebenaran.

Nah itu dia langkah-langkah yang bisa kamu lakukan jika kamu sedang mengalami patah hati. Yuk sayangi dirimu dengan terus menyadarkan diri bahwa kamu berharga dan layak dicintai!

Resty Melisa

Add comment

Submit