Muslimahdaily - Siapa sih yang ingin keriput di wajahnya? Bahkan wanita di usia sekitar 25 tahun pun berusaha menghindari yang namanya keriput. Mereka kerap berusaha menghambat timbulnya keriput dengan menggunakan rangkaian skincare.

Tapi tahukah, Sahabat Muslimah? Kalau keriput bisa muncul karena berbagai sebab. Salah satunya karena salah mencuci wajah. Ya, cara mencuci wajah yang salah dapat beresiko menimbulkan berbagai masalah kulit, mulai dari kulit kusam, jerawat, hingga keriput.

Lantas, apa saja kesalahan tersebut? Yuk simak rangkuman Muslimahdaily dari laman Herstory berikut ini!

Lupa menghapus riasan wajah

Mencuci wajah dengan sabun saja tidak cukup, lho Sahabat Muslimah. Terlebih lagi bila kamu habis memakai makeup. Lapisan minyak serta zat kimia dari produk makeup baru akan terhapus bila kamu melakukan double cleansing dengan cleansing oil atau cleansing balm.

Ketika kamu melewatkan tahapan double cleansing, kemungkinan besar sisa-sisa makeup masih tertinggal di wajah. Sisa inilah yang menyebabkan jerawat serta keriput di wajah.

Mulai sekarang, jangan sampai melewatkan double cleansing, ya Sahabat Muslimah.

Salah menggunakan pembersih wajah

Nah kesalahan yang satu ini masih sering dilakukan. Pasalnya, masih banyak di antara kita yang memilih sabun pembersih wajah hanya karena sedang nge-tren. Padahal, pembersih wajah harus sesuai dengan tipe kulit, lho.

Bagi kamu pemilik kulit berminyak, sebaiknya menggunakan pembersih wajah foam-based karena mampu mengurangi minyak di dalam kulit. Sedangkan pemilik kulit kering, disarankan menggunakan pembersih wajah cream-based karena memiliki kandungan yang lebih ringan.

Suhu air yang salah

Sahabat Muslimah termasuk orang yang sering mencuci wajah dengan air hangat atau air dingin? Kalau iya, mulai sekarang kurangi kebiasaan tersebut, ya.

Mencuci wajah dengan air yang terlalu dingin beresiko menyebabkan iritasi pada kulit. Sementara mencuci wajah dengan air yang terlalu panas bisa membuat kulit wajah terbakar dan kering. Sahabat Muslimah sebaiknya mencuci wajah dengan air bersuhu normal agar kulit tidak kehilangan minyak alaminya.

Membilas dengan asal-asalan

Tahapan membilas wajah juga nggak kalah penting, nih Sahabat Muslimah. Tapi masih banyak orang yang salah melakukannya. Melansir dari Bolsky, orang sering melewatkan membasuh di bagian hidung, belakang telinga, dan garis rambut.

Mengeringkan wajah dengan digosokkan ke handuk

Kesalahan yang paling berpengaruh pada munculnya keriput di wajah adalah menggosokkan handuk ke wajah. Untuk mengeringkan wajah, Sahabat Muslimah sebaiknya cukup menepuk-menepukkan handuk ke wajah secara perlahan.

Nah, itu tadi beberapa kesalahan mencuci wajah yang dapat menyebabkan keriput. Mulai sekarang jangan dilakukan lagi, ya Sahabat Muslimah.

Itsna Diah

Add comment

Submit