Muslimahdaily - Sebagai wanita, sudah umumnya mengalami menstruasi setiap bulannya. Namun, karena satu dua hal, ada beberapa momen yang membuat kita ingin menunda menstruasi. Misalnya, karena ingin menjalani ibadah atau karena khawatir bocor pada saat menghadiri sebuah acara.

Sahabat Muslimah, tahukan kamu, kalau kita bisa menunda menstruasi, lho. Cara ini boleh dan aman dilakukan asalkan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Karena jika dilakukan dengan sembarangan, justru akan menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan.

Nah, berikut ini ada 3 cara yang dapat kamu lakukan untuk menunda menstruasi. Melansir dari berbagai sumber, cara ini terbilang cukup aman dan minim resiko.

1. Minum pil norethindrone

Melansir dari laman Healthline, norethindrone adalah obat resep yang dapat menunda menstruasi. Norethindrone ini dianggap sebagai salah satu obat kontrasepsi, tapi hanya dapat digunakan sementara, dan bukan sebagai kontrasepsi oral yang mencegah kehamilan.

Biasanya dokter akan meresepkan tiga tablet sehari, mulai dari tiga hingga empat hari sebelum kemungkinan menstruasi kamu dimulai. Setelah kamu berhenti minum norethindrone, menstruasi kamu akan dimulai dalam dua hingga tiga hari.

Norethindrone menimbulkan sejumlah efek samping, mulai dari mual, sakit kepala, nyeri payudara, dan gangguan mood. Orang dengan riwayat pembekuan darah sebaiknya tidak minum obat ini.

2. Minum pil KB kombinasi

Dilansir dari Healthline, jika kamu rutin menggunakan pil KB kombinasi, kamu hanya cukup minum pil aktifnya saja, dan tidak perlu minum pil plasebo (pil kosong). Lakukan hal ini saat waktu kemungkinan kamu menstruasi. Dengan demikian menstruasi kamu akan tertunda.

Namun sebelum melakukan hal ini, pastikan kamu sudah berkonsultasi dengan dokter, ya. Kalau kamu tidak yakin yang mana pil kosong atau kapan harus melakukannya, kamu juga bisa bertanya kepada dokter terlebih dahulu.

Bagi sebagian wanita, setelah melakukan ini biasanya akan mengalami flek darah. Namun, jangan khawatir karena hal ini termasuk normal. Namun bila darah yang keluar cukup banyak dan deras, kamu harus segera mengunjungi dokter, ya.

3. Lakukan kontrasepsi IUD Progesteron

Melansir dari Medical News Today, IUD progesteroin adalah salah satu jenis kontrasepsi yang dimasukkan ke dalam rahim. Jenis ini dibagi dua, yakni IUD hormonal dan non-hormonal. IUD hormonal dapat menunda menstruasi hingga 80 persen dari waktunya. IUD seperti Mirena akan menunda menstruasi dalam waktu 6 bulan setelah menggunakannya.

Selain dari tiga di atas, ada beberapa cara lain yang dapat dilakukan untuk menunda menstruasi. Misalnya, suntik progestin dan cincin vagina (NuvaRing).

Itu tadi beberapa cara untuk menunda menstruasi. Sahabat Muslimah harus ingat kalau menunda menstruasi hanya dapat dilakukan untuk alasan yang darurat atau penting saja. Pastikan juga untuk berkonsultasi ke dokter sebelum melakukannya. 

Itsna Diah

Add comment

Submit