Muslimahdaily - Berbicara mengenai organ intim wanita atau vagina mungkin akan selalu dikaitkan dengan cara merawat dan menjaganya. Ada banyak masalah kesehatan yang dapat menghampiri jika kita tidak merawat dan menjaga vagina dengan baik.

Salah satunya adalah timbulnya rasa gatal. Tidak mudah untuk mengatasi masalah vagina saat terasa gatal, apalagi pada situasi dan kondisi tertentu dengan penyebabnya yang berbagai macam. Oleh karena itu, penting bagi wanita untuk mengetahui tanda-tanda vagina yang tidak sehat.

Karena vagina merupakan organ reproduksi yang berperan penting dalam berhubungan intim, pembuangan urine, menstruasi, serta proses melahirkan. Sehingga diperlukan pengetahuan dan wawasan dalam menjaga dan merawatnya.

Lantas, seperti apa tanda-tanda vagina tidak sehat?

1. Vagina terasa kering

Masalah ini biasanya dialami saat wanita memasuki masa menopause. Namun, faktor lain seperti sering meminum obat-obatan tertentu, hormonal dan stres juga dapat memicu kondisi vagina yang kering.

Selain itu, vagina yang kering, tipis dan meradang juga bisa dikarenakan tubuh sedang kekurangan hormon estrogen dari yang seharusnya dibutuhkan. Tak hanya itu, penipisan pada vagina bahkan dapat menyebabkan infeksi saluran kemih.

2. Terdapat benjolan

Biasakanlah untuk memeriksa area selangkangan dan paha bagian dalam untuk melihat apakah ada tanda vagina yang tidak sehat setiap kamu mandi.

Apabila ditemukan benjolan merah yang terasa sakit di area vulva seperti bisul atau jerawat, kamu dapat segera membersihkannya dengan menggunakan air hangat.

Jika benjolan tidak membaik, maka segera konsultasikan ke dokter, karena kondisi tersebut bisa bertambah parah.

3. Vagina terasa gatal

Sahabat Muslimah merasakan gatal yang disertai rasa panas pada vagina? Tanda tersebut bisa jadi salah satu infeksi pada organ intim yang diakibatkan oleh reaksi terhadap bahan kimia seperti sabun, krim serta pemakaian alat kontrasepsi.

Saat bakteri berbahaya melebihi jumlah bakteri baik dalam vagina, ketidakseimbangan yang terjadi akan menyebabkan timbulnya rasa gatal dan panas.

Cobalah ganti panties baru dengan bahan katun atau yang lebih lembut dalam menyerap keringat.

4. Mengeluarkan cairan

Cairan putih atau biasa disebut dengan keputihan juga merupakan salah satu penyakit yang paling sering mengganggu kenyamanan organ kewanitaan, karena cairan tersebut keluar di vagina tanpa kenal waktu.

Berhati-hatilah, apabila keputihan yang kamu alami sudah berwarna keruh hingga kehijauan atau bahkan berbau. Bila hal ini terjadi, maka dapat dipastikan terdapat infeksi dan bakteri jahat yang membahayakan kesehatan organ intim mu.

5. Bau tak sedap

Vagina yang menimbulkan bau tak sedap bisa diakibatkan oleh adanya bakteri, yaitu bakteri vaginosis atau trikomoniasis.

Bila tercium bau tak sedap pada organ intim yang membuat ketidaknyaman, maka kamu harus mewaspadainya.

Selain itu, hal ini juga bisa terjadi karena terdapat infeksi di area intim mu.

Itulah 5 tanda-tanda vagina tidak sehat, Sahabat Muslimah. Jangan lupa untuk berkonsultasi ke dokter, jika kamu merasakan tanda-tanda tersebut. Diketahui, biasanya dokter akan melakukan vaksin agar terhindar dari berbagai virus penyakit seperti HPV maupun kanker serviks.

Devi Nursafitri

Add comment

Submit