Muslimahdaily - Mendekatkan anak dengan Al-Qur'an adalah suatu langkah penting dalam membentuk hubungan mereka dengan agama dan memperkuat pemahaman mereka tentang ajaran-ajaran Al-Qur'an. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencapai tujuan tersebut :

Jadilah Contoh yang Baik

Anak-anak belajar dengan meniru perilaku yang mereka lihat. Sebelum mengajarkan anak untuk membaca Al-Qur'an, orang tua harus mencontohkan nya baik dengan membaca Al-Qur'an atau dengan memutar murotal setiap harinya.

Jadi jika anak dan bayi mendengar ayat-ayat Al-Qur'an secara teratur, mereka akan terbiasa dengan suaranya dan secara alami senang mendengarkannya lebih banyak.

Berikan Anak Al-Qur'an Pribadi

Selanjutnya, orang tua menyediakan atau memberikan Al-Qur'an kepada buah hati. Hal ini dapat meningkatkan keinginan anak untuk tetap berhubungan dengan Al-Qur'an saat mereka tumbuh dewasa.

Gunakan Ayat Al-Qur'an Sebagai Contoh dan Inspirasi

Hal lain yang dapat dilakukan oleh orang tua adalah mengajari anak mereka nilai-nilai, seperti kejujuran, rasa hormat, kerendahan hati, dan cinta dengan ayat-ayat Al-Qur'an. Orang tua dapat mengutip ayat-ayat Al-Qur'an yang mendukung akhlak yang kita coba ajarkan kepada anak-anak kita.

Bercerita

Al-Qur'an penuh dengan cerita yang menarik indra dan imajinasi anak-anak. Kisah nabi, dan beberapa binatang terlibat dalam kisah-kisah Al-Qur'an, Orang tua dapat menggunakan kisah-kisah ini untuk membantu mereka merasa dekat dengan Al-Qur'an dan belajar darinya.

Dukung Anak untuk Mengikuti Pengajian

Cari lingkungan yang mendukung anak-anak untuk belajar Al-Qur'an dengan baik, seperti pengajian di masjid atau kelas Al-Qur'an di sekolah atau lembaga agama. Ini akan memberikan kesempatan kepada mereka untuk belajar dari para guru yang kompeten dan juga bertemu dengan teman sebaya yang memiliki minat yang sama.

Warisan utama yang ingin kita wariskan kepada anak-anak kita ketika kita tiada adalah menjaga keimanan dan berjalan di jalan Allah yang selama mereka masih hidup. Mulailah menjalin ikatan khusus antara diri Anda, anak-anak, dan Al-Qur'an sekarang, tidak peduli seberapa muda mereka.

Selain itu, ingatlah bahwa mendekatkan anak dengan Al-Qur'an juga memerlukan keteladanan dari orang tua. Jadi, jadilah contoh yang baik dalam perilaku dan pengamalan ajaran Al-Qur'an.

Najwa Adlina

Add comment

Submit