Muslimahdaily - Sembilan tahun setelah kontroversi surat kabar Denmark yang menampilkan kartun Nabi Muhammad SAW, Denmark akhirnya memiliki masjid pertama yang memiliki menara yang terletak di ibu kota negara tersebut, Copenhagen.

Masjid terbesar di Denmark ini dimiliki oleh Danish Islamic Council dan dibuka untuk umum pertama kalinya pada Juni 2014 lalu. Masjid yang pembangunannya mencapai nilai $27,2 juta atau sekitar 280 miliar ini dibiayai oleh Qatar dan dibangun untuk mengakomodasi populasi muslim yang semakin berkembang di Denmark.

Dibangun diatas lahan 72.118 meter persegi, bangunan utama masjid ini memiliki luas 6,700 meter persegi. Dalam kompleks masjid ini juga ada bangunan pusat kebudayaan, sebuah studio televisi dan juga sebuah pusat kebugaran. Wow!

Pembangunan masjid ini bertujuan untuk menciptakan platform yang akan menjembatani dialog antara muslim Denmark dengan grup lain di masyarakat Denmark. Masjid ini akhirnya bisa berdiri tepat sembilan tahun sejak kontroversi pembuatan kartun nabi Muhammad dimuat di media setempat.

Penggambaran kartun nabi ini dianggap melecehkan umat Islam sedunia. Terlebih lagi kartun tersebut kemudian diprint ulang oleh koran Eropa dengan alasan kebebasan berekspresi, yang kemudian membuat panas hubungan antara muslim seluruh dunia dengan dunia barat.
Islam adalah agama terbesar kedua di Denmark setelah Kristen Protestan yang mencakup 4/5 dari total populasi di Denmark. Denmark sendiri adalah rumah bagi minoritas muslim berjumlah 200,000 orang yang merupakan 3 persen dari total 5.4 juta populasi di negara Eropa tersebut.

Balqis Afifah

Add comment

Submit