Muslimahdaily - Mantan Presiden Mesir Husni Mubarak meninggal dunia pada Selasa, (25/2). Ia meninggal di Rumah Sakit militer Kairo pada usia 91 tahun. Sebelumnya, Mubarak sempat menjalani operasi pada akhir Januari lalu.

Melalui akun Twitter Ala Mubarak, sang anak menyampaikan doa untuk ayahnya.

“Memang, untuk ‘Allah kami milik dan Allah akan kembali. ‘Ayah saya Hosni Mubarak meninggal pagi ini,” tulis Alaa pada Selasa (26/2).

Mubarak meninggal di Rumah Sakit El-Galaa Kairo setelah menjalani perawatan secara intensif pascaoperasi. Namun, masih belum jelas penyakit apa yang dideritanya.

Husni Mubarak menjabat sebagai presiden Mesir pada Oktober 1981. Dia menggantikan Anwar Sadat yang tewas terbunuh oleh kelompok radikal di negara tersebut.

Mubarak berkuasa di Mesir selama 30 tahun. Ia mundur dari jabatannya pada Februari 2011 setelah terjadi gelombang demonstrasi besar-besaran selama 18 hari di negara tersebut.

Ia pernah dijatuhi hukuman penjara seumur hidup lantaran dianggap tidak mencegah aksi kekerasan yang dilakukan oleh aparat keamanan. Tindakan itu menyebabkan sebanyak 900 demonstran meninggal. Akan tetapi, pada 2014 Presiden Abdul Fattah al-Sisi memutuskan membebaskan Mubarak dari seluruh dakwaan.

Mubarak meninggalkan seorang istri Suzanne Mubarak, dua orang anak Gamal Mubarak dan Alaa Mubarak, serta empat orang cucu.

Fiiki Rabbina

Add comment

Submit