Muslimahdaily - Pernahkah kamu mendengar Hari Sedekah Nasional? Momen yang sering juga disebut sebagai Harsena ini diperingati setiap tanggal 27 April. Bukan hanya kalangan berduit saja yang bersedekah, tapi semua lapisan masyarakat.

Dilansir Republika, sebuah sekolah dasar Tangerang sudah mempersiapkan cara memeringati Hari Sedekah Nasional tahun ini. Sejak awal April lalu, para murid di sekilah ini berpartisipasi langsung dalam sebuah acara yang bernama Bussiness Day. Di sana, mereka mendapat pengalaman bagaimana menjadi seorang wirausaha.

Mereka menjajakan aneka makanan, seperti kue, agar-agar, es, dan lain sebagainya yang mereka pesan dari warga sekitar. Modalnya dikumpulkan dari semua peserta dan hasilnya akan disedekahkan di Hari Sedekah Nasional kali ini.

Kegiatan tersebut bukan hanya bertujuan untuk memperkenalkan dunia wirausaha pada anak, tapi juga membiasakan bersedekah sejak dini. Dengan demikian, sedekah akan menjadi gaya hidup yang positif di masa mendatang.

Hari Sedekah Nasional mulai digagas sejak tahun 2010 namun baru benar-benar digaungkan pada tahun 2012. Bermula saat Ust. Yusuf Mansur menceritakan kebiasaan bersedekah dari Waroeng Group. Perusahaan yang menaungi Waroeng Steak and Shake, Bebaqaran, Feskul, Bebek Goreng Haji Slamet dan lain sebagainya ini memiliki satu hari khusus, yakni 27 April, yaitu saat mereka akan menyedekahkan seluruh omset mereka di hari tersebut.

Aksi ini pun mendorong para pengusaha lainnya, seperti Sandiaga Uno, Jody Broto Suseno, Mas Mono, dan lainnya hingga para pengusaha kelas kecil dan menengah, untuk ikut berpartisipasi. Karena itulah, 27 Apil menjadi momen aksi bersedekah nasional.

Bahkan, komunitas muslim di Inggris pun ikut memeringati Hari Sedekah Nasional. Pusat pengumpulan dana sedekah berada di Masjid Makkah di Hyde Park. Semua dana yang terkumpul dibelikan makanan dan juga pakaian yang dibungkus menjadi parsel dan dibagikan pada mereka yang membutuhkan.

Bersedekah merupakan perintah dari Allah dan sangat disukai oleh Rasulullah. Dengan bersedekah, bukan hanya pahala saja yang didapat, melainkan manfaat bagi orang lain yang membutuhan.

Bukan berarti bersedekah hanya dilakukan di hari ini saja, tapi gaung Hari Sedekah Nasional adalah pengingat bagi kita agar selalu menyisihkan harta untuk mereka yang berhak.

Mauliyatun Nisa

Add comment

Submit