Wanita terlibat dalam penggantian kiswah Ka'bah ( Foto : X/@@AlharamainSA )

Muslimahdaily - Ada hal yang tak biasa dalam upacara penggantian kiswah Ka'bah tahun ini. Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah, petugas Wanita Otoritas Urusan Umum di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi berpartisipasi dalam tradisi penggantian kiswah Ka'bah yang digelar pada Sabtu (6/7/2024).

"Pegawai wanita Otoritas Urusan Umum di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi untuk pertama kalinya mengikuti upacara penggantian kiswah," tulis unggahan X @AlharamainSA, Minggu (7/7/2024)

Pada foto yang diunggah akun tersebut, terlihat sejumlah petugas wanita mengenakan pakaian hitam dan niqab. Mereka membentuk barisan untuk mengantarkan lembaran kain kiswah yang berhiaskan benang emas, lalu menyerahkannya kepada pekerja lain. Nantinya, kain tersebut akan dibawa petugas lain ke dalam kendaraan untuk dibawa ke Masjidil Haram.

Meskipun peran para petugas wanita masih terbatas pada tahap persiapan upacara, hal ini menjadi contoh pertama dalam sejarah di mana wanita berpartisipasi dalam tradisi tersebut. Hal tersebut merupakan salah satu upaya Kerajaan Arab Saudi untuk mendukung partisipasi wanita di berbagai bidang dan industri. 

Upacara penggatian kiswah atau penutup kabah merupakan tradisi yang rutin dilakukan setiap pergantian Tahun Baru Islam atau awal Muharram. Dilansir dari kantor berita Arab Saudi, SPA, proses penggantian kiswa melibatkan 159 teknisi dan pengrajin. Para petugas akan melepas kiswah yang lama dan menggantinya dengan yang baru. Penggantian ini dilakukan dengan membentangkan empat sisi terpisah kiswah baru yang menimpa kiwah lama.

Selanjutnya, kiswah yang baru akan dipasang mulai dari bagian atas Ka'bah lalu diikat dari Bawah. Adapun untuk tali kiswah yang lama akan dilonggarkan. Petugas kemudian akan menarik kiswah yang baru ke atas dan ke bawah seiring dengan lepasnya kiswah lama. Proses tersebut diulang sebanyak empat kali untuk setiap sisi, hingga kiswah baru terpasang.

Aleda Fanesya Maharany

Add comment

Submit