Muslimahdaily - Strawberry legs merupakan kondisi saat pori-pori kulit kaki menghitam. Sering juga disebut open komedo atau pori-pori terbuka yang terlalu lama sehingga jadi menghitam. Disebut strawberry legs karena terlihat seperti buah strawberry. 

Ada banyak penyebab munculnya strawberry legs, mulai dari sel kulit mati, debu yang menyumbat pori-pori hingga cara mencukur bulu kaki yang salah. Walau demikian, ada beberapa cara untuk menghilangkan kondisi strawberry legs ini.

Melansir dari laman HerStory, berikut ini beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi strawberry legs. Yuk simak!

1. Gula, madu, dan lemon

Cara pertama adalah mencampurkan ketiga bahan, yakni gula, madu, dan lemon. Gula merupakan ekfoliator yang baik untuk mengelupas sel-sel kulit mati dan membantu mengatasi menyumbatan pori-pori di kulit.

Sementara madu yang akan menenangkan kulit meradang dan mencegah serangan bakteri yang kemungkinan masuk ke dalam pori-pori kulit. Kemudian lemon yang kaya akan kandungan asam sitrat dapat mengelupas kulit dan membuka pori-pori serta folikel rambut.

Caranya, campurkan ketiga bahan tersebut kemudian oleskan ke kaki. Gosok secara lembut selama 2-3 menit lalu bilas hingga bersih.

2. Gula merah, lidah buaya, dan lemon

Sama halnya dengan gula biasa, gula merah juga mampu bekerja sebagai eksfoliator alami yang efektif mengelupas sel-sel kulit mati sekaligus melindungi kulit dari sinar UV. Lidah buaya yang akan mencegah bakteri berbahaya yang menyebabkan pori-pori tersumbat. Lalu lemon yang akan membuka por-pori dan folikel rambut.

Caranya hampir sama, campurkan ketiga bahan tersebut, kemudian gosok ke kaki selama 2-3 menit. Setelah itu bilas hingga bersih.

3. Garam laut dan minyak kelapa

Garam yang digunakan bukanlah garam dapur yang biasa digunakan, melainlan garam laut. Garam ini mampu menghidrais kulit dan secara tidak langsung mengatasi strawberry legs. Sementara minyak kelapa akan bertugas melembapkan kulit kaki.

Caranya, campurkan kedua bahan tersebut kemudian gosok lembut ke kaki selama beberapa menit. Terakhir bilas dengan air.

4. Garam dan susu

Nah, kalau tidak punya garam laut, Sahabat Muslimah dapat menggunakan garam biasa dan campurkan ke susu. Garam berfungsi mengelupas kulit dan susu akan membantu menghilangkan strawberry legs.

Caranya, campurkan kedua bahan tersebut lalu gosok perlahan ke area kulit kaki. Setelah beberapa menit, bilas dengan air sampai bersih.

Itu tadi beberapa cara menghilangkan strawberry legs secara alami. Tentu saja efek cara alami tidak instan. Oleh karena itu, Sahabat Muslimah harus konsisten, ya.

Itsna Diah

Add comment

Submit