Muslimahdaily - Kakak dari Ria Ricis, Oki Setiana Dewi akhirnya tersenyum bahagia karena melihat putra keempatnya, Sulaiman sudah bisa merangkak.

Oki kini tidak bersedih lagi lantaran saat ini putranya telah menunjukkan perkembangan yang baik seperti anak lainnya. Diketahui, saat lahir Sulaiman lahir tidak seperti bayi lainnya.

Sulaiman harus menjalani berbagai macam terapi untuk kondisi kesehatannya. Rupanya tidak hanya merangkak, kini Sulaiman telah bisa menangis seperti bayi pada umumnya.

“Ini lagi mau merangkak. Hayo semangat anakku," kata Oki Setiana Dewi saat melihat sang buah hati mulai merangkak.

"Progres luar biasa. Perjuangan, karena terapi dia (Sulaiman) nangis. Sekarang udah bisa dari baring angkat kepala, itu prestasi. Saya happy kalau dia nangis. Karena berbulan-bulan nggak nangis," lanjutnya.

Oki pun menceritakan perbedaan saat mengandung Sulaiman. Saat dalam kandungan Sulaiman tidak pernah menendang-nendang seperti bayi lain. Kemudian, saat lahir pun Sulaiman tidak menangis. Oki merasa sangat panik saat itu.

"Ciri-ciri saat hamil nggak nendang, lahir pun nggak nangis. Tujuh hari pertama saya shock dan nangis," imbuh Oki.

Putranya ini harus menjalani berbagai pengobatan dan menggunakan alat bantu pernapasan. Kondisi Sulaiman kian membaik berkat pengobatan yang rutin.

"Setiap hari suntik hormon dan gunakan alat bantu napas dan perlahan makin kuat," tutur Oki.

Kebahagiaan juga Oki rasakan saat pertama kali melihat Sulaiman tiba-tiba menggerakan satu tangannya. Dokter mengatakan bahwa kondisi Sulaiman dalam keadaan baik-baik saja.

"Waktu di NICU tangan nya gerakin satu aja bersyukur luar biasa dan kemarin baru operasi dokter bilang baik," ucap Oki.

Oki Setiana Dewi berpesan kepada semua orang tua agar membiarkan anaknya aktif bergerak. Sebab hal itu yang sangat Oki harapkan terhadap anak keempatnya itu.

"Bersyukur anak-anak yang aktif. jangan omel, karena saya pengen anak saya bergerak aja susah. Dulu liat kakaknya jalan biasa aja.sekarang menghargai," pungkasnya.

Siti Masitoh

Add comment

Submit