Muslimahdaily - Tak sedikit orang yang berniat melakukan diet demi mendapat bentuk tubuh yang ideal. Iming-iming penampilan yang lebih cantik atau lebih gagah pun membuat seseorang rela meninggalkan pola hidup yang lama dan berganti dengan pola hidup diet. Namun, tak semua dapat mencapai sosok sempurna tersebut. Ada saja halangan yang membuat diet akhirnya gagal.

Diet yang gagal banyak dipengaruhi beberapa alasan. Pilihan diet yang terlalu ekstrim, menu yang salah dan sebagainya. Menurut dokter pakar fisiologi dan pemerhati gaya hidup Grace Judio-Kahl, berikut ini beberapa alasan yang membuat diet kamu gagal dikutip dari laman Kompas.

1. Tak dapat mengontrol diri

Kontrol diri yang buruk biasanya tak dapat menahan keinginan ketika melihat sesuatu. Orang yang sering merasakan “lapar mata” ini cenderung mengalami gagal diet. Penampilan luar makanan yang menarik membuat seseorang akhirnya lupa akan jadwal atau pantangan pada program dietnya, walaupun sebenarnya ia tidak sedang lapar.

Menurut Grace, memperbaiki kontrol diri bukan hal mudah. Perlu pembiasaan yang cukup lama hingga akhirnya menjadi bagian dari diri. Kontrol diri yang baik sangat penting dalam menjalani program diet.

2. Tipe Kepribadian dominan

Seseorang dengan tipe ini cenderung akan mengikuti aturan yang dibuat oleh dirinya sendiri. Ketika berkonsultasi dengan pakar diet, ia setuju dengan aturan tersebut namun akhirnya akan melanggarnya juga.

3. Pengaruh lingkungan

Walau sudah bersusah payah diet, orang cenderung akan lebih sulit menolak ajakan teman. Jika sudah begitu, dietpun akhirnya gagal.

4. Pola makan

Diet harusnya tidak menyiksa si pelaku, bukan berarti juga harus menghindari makanan yang tidak disukai. Prinsip diet yang benar adalah mengurangi jumlah kalori yang masuk sehingga lebih sedikit daripada yang dikeluarkan. Apapun diet yang dilakukan, semestinya memegang prinsip tersebut.

5. Bosan 

Diet memang butuh proses dan bukanlah hal yang instan. Sebagian orang tak tahan melalui proses tersebut dan menjadi bosan. Diet pun gagal walau sebenarnya sudah mengikuti aturan yang benar.

 

Itsna Diah

Add comment

Submit