Muslimahdaily - Masalah rambut mungkin menjadi salah satu masalah yang sering dialami oleh para wanita berhijab, mulai dari rambut rontok, rambut kasar sampai ketombe. Untuk mencegah atau mengobatinya biasanya para wanita akan melakukan perawatan rambut baik di salon ataupun di rumah. Ada creambath, hair mask dan juga hair spa.

Namun sayangnya banyak wanita yang belum memahami perbedaan fungsi ketiga macam perawatan rambut tersebut. Agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan rambutmu, simak yuk perbedaannya!

1. Creambath

Jenis perawatan rambut yang satu ini sudah lebih dulu muncul dibandingkan hair spa dan hair mask. Terbuat dari campuran bahan tradisional seperti sayur, buah atau tanaman gingseng masing-masing krim memiliki khasiatnya sendiri.

Perawatan ini bisa sahabat muslimah lakukan di rumah ataupun di salon kecantikan. Untuk pilihan krimnya, bisa disesuaikan dengan kebutuhan rambut.

Biasanya creambath ini dilakukan pada rambut yang tidak terlalu bermasalah ya sahabat muslimah. Fungsinya adalah untuk menjaga kesehatan rambut, memperkuat akar rambut dan menjaga kesuburan rambut.

Krim dioleskan keseluruh bagian kepaa mulai dari rambut sampai kulit kepala. Setelah itu pijat kepala secara perlahan dari atas kebawah, tujuannya adalah agar krim meresap masuk ke dalam kulit kepala dan juga memunculkan efek rileks.

Biasanya jika kamu melakukan perawatan ini di salon, setelah itu kepalamu akan dibalut dengan handuk hangat selama 10-15 menit. Disela-sela menunggu, bagian tubuhmu yang lain pun akan dibuat rileks dengan pijat di bagian punggung dan tangan. Setelah itu rambut dicuci dengan shampoo dan dikeringkan jika kamu mau.

2. Hair Spa

Jika kamu ingin mengatasi masalah rambut seputar rambut kering, kusam, berminyak dan kasar, perawatan hair spa cocok untuk menjadi pilihan. Jenis perawatan rambut yang satu ini memiliki bahan yang lebih bervariasi dan lebih banyak kandungan vitaminnya. Teradapt juga berbagai macam minyak esensial yang berasal dari wewangian seperti lavender, lemon dan aroma menyegarkan sekaligus menenangkan.

Hampir sama dengan creambath, bedanya adalah bahan-bahan yang digunakan dalam hair spa bertujuan untuk pengobatan. Hair spa memberikan pemijatan ringan pada kepala dan juga steam setelah krim dioleskan pada rambut. Fungsinya sama, untuk memperlancar peredaran darah pada kulit kepala dan agar krim menyerap langsung sehingga memberikan efek yang nyata pada rambut.

Diakhir setelah rambut dicuci dan dikeringkan, kamu bisa menambahkan serum atau vitamin rambut. Satu hal yang harus kamu ketahui biasanya harga perawatan hair spa di salon akan lebih mahal daripada creambath dan biasanya disesuaikan juga dengan panjang rambutmu.

3. Hair Mask

Hair mask merupakan salah satu jenis perawatan rambut yang cocok untuk sahabat muslimah yang memiliki masalah rambut yang sudah tergolong berat. Seperti rontok parah, bercabang, rapuh dan sebagainya. Hair mask ini juga disarankan untuk kamu yang sering melakukan hair styling seperti catok rambut, pewarnaan rambut ataupun pengritingan rambut.

Cara pengaplikasiannya sama dengan dua perawatan sebelumnya, perbedaannya adalah hair mask ini tidak ada pijat sama sekali karena dikhawatirkan akan tambah merusak rambut yang sudah rontok dan rusak. Karena biasanya rambut bermasalah akan sangat rapuh dan mudah patah.

Beberapa terapis akan mengganti ijat dibagian lain seperti bagian leher, bahu dan punggung. Titik ini akan membuat kamu menjadi rileks sembari menunggu krim menyerap pada rambut dan kulit kepala.

Untuk beberapa kasus kerusakan rambut hair mask ini mungkin tidak bisa menyembuhkan secara total namun setidaknya perawatn ini akan membantu mencegah kerusakan yang lebih parah lagi.

Setelah mengetahui perbedaan ketiga jenis perawatan rambut ini semoga kamu bisa langsung menyesuaikan dengan kebutuhan rambutmu ya sahabat muslimah. Ingat, rambut adalah pemberian dari Allah yang harus kita jaga dan rawat juga. Jadi jangan ragu untuk merawatnya ya.

Suha Yumna

Add comment

Submit