Muslimahdaily - Menjaga kesehatan tubuh adalah salah satu bentuk rasa syukur kita terhadap apa yang telah Allah berikan. Tubuh yang lengkap, kesehatan jasmani dan rohani, nikmat bernafas, makan dan masih banyak lagi. Salah satu cara yang dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh adalah olahraga.

Beberapa muslim kemudian mulai tertarik atau sudah menjalankan salah satu jenis olahraga, yaitu Yoga. Identik dengan olahraga yang bisa memberikan ketenangan lahir dan batin dengan gerakan-gerakan meditasi.

Namun, banyak yang belum menyadari bahwa sebenarnya beberapa gerakan yang ada di dalam Yoga sama dengan gerakan shalat yang wajib dilakukan umat muslim sebanyak 5 kali dalam sehari.

Mengutip dari Mvslim, Selasa (12/5), Jasmine Ibrahim Issa, seorang arsitek asal Amerika Serikat (AS) kemudian mulai menelaah dan menemukan beberapa gerakan yoga yang sangat mirip dengan gerakan shalat.

"Ketika saya melakukan sujud, saya akui pikiran sempat terganggu dan tersadar jika saya sedang melakukan salah satu poses yoga," kata Jasmine.

Jasmine kemudian mulai menggambar ilustrasi beberapa gerakan antara yoga dan gerakan shalat. Ternyata, menurut Jasmine, seluruh gerakan shalat sudah tercakup dalam gerakan yoga tingkat pemula.

Berikut 5 gerakan shalat dan yoga yang paling mirip beserta manfaat kesehatannya:

1. Qiyam dan Namaste

Selama Qiyam dan Namaste, ada distribusi yang merata untuk kedua kaki. Posisi ini akan meringankan sistem saraf dan menyeimbangkan tubuh.

Tubuh akan dipenuhi dengan energi positif. Posisi ini akan meluruskan punggung dan memperbaiki postur tubuh.

Sambil melafalkan ayat Al-Qur'an, getaran suara vokal panjang ā, ī, dan ū akan merangsang jantung, tiroid, kelenjar pineal, kelenjar hipofisis, kelenjar adrenalin, dan paru-paru, memurnikan dan mengangkat mereka semua.

2. Ruk'u dan Ardha Uttanasana

Gerakan ini sepenuhnya akan meregangkan otot-otot punggung bawah, dada depan, paha, dan betis. Darah akan dipompa ke tubuh bagian atas. Ruku' akan mengencangkan otot-otot perut dan ginjal.

3. Julus dan Vajrasana

Gerakan ini akan membantu proses detoksifikasi hati dan merangsang gerak peristaltik usus besar. Julus atau duduk di antara dua sujud akan membantu pencernaan dengan memaksa isi perut ke bawah. Posisi ini juga akan membantu menyembuhkan varises dan nyeri sendi, meningkatkan fleksibilitas, dan memperkuat otot panggul.

4. Sujud

Sujud adalah posisi paling penting dalam shalat. Posisi ini akan merangsang salah satu bagian otak, yaitu frontal korteks.

Posisi ini juga akan menempatkan jantung pada posisi yang lebih tinggi daripada otak, dengan begitu ia akan meningkatkan aliran darah ke bagian atas tubuh, terutama kepala dan paru-paru. Secara otomatis, racun di dalam otak akan dibersihkan.

Selain itu, posisi sujud memungkinkan otot-otot perut untuk berkembang dan mencegah pertumbuhan kelemahan di bagian tengah tubuh.

Manfaat lainnya, sujud ini bisa mempertahankan posisi janin yang tepat pada wanita hamil, mengurangi tekanan darah tinggi, meningkatkan elastisitas sendi dan mengurangi stres, kecemasan, pusing juga kelelahan.

Meditasi dalam shalat

Biasanya, orang yang melakukan yoga akan mendapatkan instruksi yang membuatnya menjadi tenang untuk membantu proses meditasi.

Dengan suara lembut, seorang instruktur akan mencontohkan bagaimana caranya bernafas, apa yang harus dibayangkan, dan apa yang harus dirasakan.

Jika diresapi, maka sebenarnya dalam shalat mengandung bacaan-bacaan Al-Quran yang jauh lebih menenangkan. Terlebih kitab itu adalah pedoman hidup bagi seorang muslim. Bahkan Al-Quran tak hanya untuk membimbingmu selama shalat, tetapi selama kehidupan.

Banyak yang menggambarkan meditasi sebagai sumber pencerahan karena meditasi membuat mereka tenang dan memudahkan aktivitas sehari-hari mereka.

Shalat jika dilakukan dengan khusuk dan fokus, memahami setiap bacaannya dan sadar saat melakukannya maka efeknya akan jauh lebih menenangkan dari sekedar meditasi. Terlebih Allah memerintahkan umat Islam untuk melakukannya selama lima kali sehari.

Jadi sebenarya, Islam telah lebih dulu menjalani meditasi melalui shalat dan fokus (khusuk) menjadi poin utamanya. Ini hanyalah beberapa manfaat yang terkait dengan shalat, jika dikaji lebih lanjut maka kamu akan tercengang.

Suha Yumna

Add comment

Submit