Muslimahdaily - Diabetes merupakan penyakit kronis karena tingginya kadar gula dalam darah. Penyakit diabetes terdiri dari dua jenis yaitu tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 atau diabetes autoimun disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang dan menghancurkan sel pankreas yang memproduksi insulin.

Autoimun sendiri dapat terjadi karena faktor genetik yang juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Sedangkan tipe 2 disebabkan oleh sel tubuh yang kurang sensitif terhadap insulin sehingga insulin tidak digunakan dengan baik.

Sekitar 90-95% pasien diabetes di dunia menderita diabetes tipe 2. Selain itu juga ada jenis diabetes yang dialami ketika hamil yaitu diabetes gestasional. Disebabkan karena perubahan hormon, namun akan kembali normal setelah melahirkan.

Ciri-ciri gejala penderita diabetes yaitu sering haus, sering buang air kecil terutama saat malam hari, sering merasa lapar, menurunnya berat badan, eton dalam urin, terasa lemas, pandangan kabur, luka yang susah sembuh, sering infeksi pada gusi, kulit, vagina, atau saluran kemih, dan gejala lainnya.

Tak hanya orang lanjut usia, penyakit ini ternyata juga dapat menyerang di usia muda. Maka penting untuk membiasakan diri dengan pola hidup sehat. Agar terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Namun, tak perlu khawatir. Berikut ini Muslimahdaily  berikan 4 cara untuk mencegah penyakit diabetes di usia muda:

1. Mengurangi konsumsi gula dan karbohidrat

Perhatikan kandungan dalam setiap asupan sahabat muslimah. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi gula dan karbohidrat. Karena kandungan tersebut cepat dipecah oleh tubuh dan masuk ke darah. Sehingga gula darah dalam tubuh menjadi meningkat dan apabila tubuh tidak menghasilkan insulin lebih banyak maka tingkat resiko terkena diabetes menjadi meningkat.

2. Rajin berolahraga

Selian menjaga kebugaran tubuh. Ternyata olahraga dapat menurunkan risiko terkena diabetes. Rajin berolahraga dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Insulin berguna untuk menjaga kadar gula tetap stabil. Selain itu olahraga juga dapat meningkatkan respons dan fungsi insulin.

3. Berhenti merokok

Merokok dapat memberikan dampak negatif terhadap kesehatan tubuh. Terdapat penelitian bahwa ternyata perokok aktif ataupun pasif dapat menyebabkan penyakit diabetes. Maka sangat disarankan untuk mulai berhenti merokok agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari risiko diabetes.

4. Konsumsi makanan sehat

Jangan lupa untuk selalu mengonsusi makanan sehat. Hindari makanan yang mengandung banyak lemak dan disarankan untuk mengonsumsi air putih lebih banyak. Karena dengan mengonsumsi makanan sehat maka dapat mencegah terkena diabetes di usia muda.

Membiasakan diri dengan pola hidup sehat merupakan cara agar terhindar dari segala penyakit di usia muda ataupun ketika lanjut usia nanti. Ubahlah kebiasaan buruk sahabat muslimah mulai dari sekarang. Agar hidup lebih sehat. Semoga 4 tips di atas dapat bermanfaat untuk sahabat muslimah.

Alfanita

Add comment

Submit