Muslimahdaily - Kulit kasar merupakan salah satu permasalahan yang sering dikeluhkan oleh para wanita. Banyak hal yang dapat menjadi faktor penyebab kulit kasar. Seperti usia, pemakaian produk yang kurang cocok, paparan polusi udara, asupan makanan, dan faktor lainnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, pastinya sahabat muslimah akan melakukan berbagai perawatan agar kulit menjadi lebih halus. Namun, sebelum memilih perawatan yang mengeluarkan biaya cukup mahal, tak ada salahnya apabila kamu mencoba bahan alami berikut.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 bahan alami yang ampuh menghaluskan kulit wajah:

1. Madu

Bahan alami yang satu ini memang sudah terbukti banyak manfaatnya untuk kulit. Madu memiliki sifat bioaktif dipercaya ampuh mengatasi permasalahan pada kulit seperti kulit kasar, keriput, garis-garis halus, dan lainnya.

Dilansir dari Healthline, madu dapat berperan sebagai eksfoliator alami yang dapat mengangkat sel kulit mati serta menghilangkan kulit kering dan kusam.

Selain itu, kandungan antibakterinya juga bisa mencegah timbulnya permasalahan pada kulit. Cobalah rajin menggunakan masker madu sekali dalam seminggu.

2. Lidah Buaya

Sudah banyak beredar produk kecantikan yang menggunakan bahan dasar lidah buaya. Selain itu, kamu juga bisa langsung menggunakan bahan alami ini pada kulit wajah untuk mendapatkan khasiat lebih.

Lidah buaya memiliki kandungan seperti antioksidan, enzim, vitamin A dan C, dan senyawa anti peradangan yang ampuh menenangkan dan melembutkan kulit.

Namun, sebelum itu, ada baiknya apabila kamu memastikan tidak memiliki alergi terhadap lidah buaya. Apabila iya, tidak disarankan untuk mengaplikasikan bahan alami ini pada kulit.

3. Oatmeal

Selain lidah buaya, oatmeal juga menjadi salah satu bahan alami untuk menghaluskan kulit. Kandungan yang dimilikinya juga ampuh menutrisi, menghidrasi, dan melembabkan kulit.

Dilansir dari 100% Pure, oatmeal memiliki sifat pembersih atau eksfoliator alami yang dapat mengangkat sel kulit mati sehingga kulit menjadi lebih halus dan bercahaya.

Kamu bisa menggunakan oatmeal sebagai scrub atau masker wajah. Tak hanya untuk kulit wajah, Sahabat Muslimah bisa mencampur oatmeal dengan air hangat ketika mandi, agar kulit tubuh juga menjadi halus.

4. Minyak Kelapa

Selanjutnya ada minyak kelapa yang kerap digunakan sebagai bahan alami menghaluskan kulit. Kandungan asam lemak jenuh yang dimiliki dapat mengisi celah pada kulit sehingga menjadi lebih lembut.

Tak hanya pada kulit wajah, minyak kelapa juga bisa kamu oleskan pada bagian tubuh lain yang dirasa kering.

Namun, perlu diingat bahwa terlalu sering menggunakan minyak kelapa dapat menyumbat pori-pori kulit sehingga menyebabkan timbulnya jerawat.

5. Alpukat

Selain dapat disantap, alpukat juga dapat membantu menghaluskan kulit. Nutrisi seperti vitamin A, D, E, asam lemak omega-3, lesitin, dan kalium sangat dibutuhkan oleh kulit tubuh.

Dilansir dari Elle, minyak alami pada alpukat dapat memberi makan, melembutkan, dan melembabkan kulit.

"Sifat menghidrasi dapat mengurangi garis-garis halus dan kerutan, membantu menjaga kulit tetap halus dan meningkatkan kekebalan kulit terhadap stres dan faktor lingkungan lainnya," ungkap Maureen Eyerman, seorang ahli diet terdaftar dan pendidik Diabetes bersertifikat di San Luis Obispo county.

Cara memanfaatkannya pun cukup mudah. Kamu bisa menyantapnya secara langsung, gunakan sebagai bahan masker, atau cukup gosok bagian dalam kulit pada wajah selama beberapa menit saja.

Gimana, tertarik untuk menggunakan bahan alami di atas?

 

Alfanita

Add comment

Submit