Muslimahdaily - Jerawat merupakan kondisi yang ditandai dengan munculnya benjolan kecil di permukaan kulit. Umumnya terjadi di sekitar kulit wajah. Namun, tidak menutup kemungkinan, juga bisa muncul di bagian tubuh lainnya. Seperti punggung, leher dan dada.

Bagi beberapa orang, jerawat akan sangat mengganggu penampilan. Jika memang begitu, sahabat muslimah bisa melakukan berbagai perawatan untuk mencegah dan mengatasi permasalahan kulit tersebut.

Selain melakukan perawatan dari luar, kamu juga bisa melakukan perawatan dari dalam tubuh. Seperti rutin mengonsumsi minuman-minuman sehat berikut.

Dilansir dari berbagai sumber, inilah 5 minuman sehat yang ampuh mencegah dan mengatasi timbulnya jerawat:

1. Air Putih

Selain baik untuk kesehatan tubuh, air putih juga diklaim dapat membantu mencegah dan menyembuhkan jerawat. Dengan rajin minum air putih setiap hari, maka kulitmu akan terhidrasi.

Selain itu, air putih juga dapat melancarkan peredaran darah dan menetralkan racun penyebab timbulnya jerawat.

2. Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan ekstrak etanolik yang ampuh menghambat pertumbuhan bakteri staphylococcus aureus (penyebab timbulnya jerawat). Selain itu, kandungan antioksidan dan anti inflamasi yang dimiliki dapat berperan untuk meredakan timbulnya jerawat.

Megutip dari Vogue, Nmami Agarwal seorang ahli gizi, menyarankan untuk mencampurkan teh hijau dengan lemon. Ia menjelaskan bahwa campuran tersebut ampuh mengatasi jerawat.

"Cukup rebus beberapa daun teh hijau dalam air dan tambahkan satu sendok teh jus lemon ke dalamnya. Saring dan minumlah selagi panas," ujarnya.

3. Kunyit

Selain teh hijau, kunyit juga menjadi salah satu minuman sehat yang dapat mencegah jerawat. Kandungan Kurkumin pada kunyit berperan sebagai antioksidan, anti virus, anti peradangan, dan juga anti jamur.

Bahkan kandungan kurkumin juga ampuh untuk mempercepat proses penyembuhan pada kulit. Karena khasiat yang dimiliki tersebut, banyak produk kecantikan yang menggunakan kunyit sebagai bahan dasarnya.

4. Kefir

Selanjutnya ada minuman kefir. Minuman ini memiliki kandungan probiotik yang baik untuk menangkal bakteri jahat dan mengurangi peradangan.

Dilansir dari Byrdie, kefir juga memiliki kandungan protein laktoferin yang ampuh melawan jerawat. Sebuah penelitian mengatakan bahwa rutin minum kefir yang mengandung 200 miligram laktoferin setiap hari dapat mengalami penurunan hampir 39 persen munculnya jerawat yang meradang selama 12 minggu.

5. Air Kelapa

Selain segar saat diminum, air kelapa memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan seperti diyakini dapat menetralkan racun dalam tubuh. Sebab, air kelapa memiliki kandungan kloramfenikol, antibiotik alami yang dapat meminimalkan pertumbuhan bakteri termasuk penyebab jerawat.

Mulailah rutin mengkonsumsi air kelapa atau bisa juga langsung membasuhnya ke kulit wajah agar jerawat cepat teratasi.

Itulah 5 minuman sehat yang dapat membantu melawan jerawat. Semoga bermanfaat.

 

Alfanita

Add comment

Submit