Muslimahdaily - Tak hanya jerawat, komedo nampaknya juga menjadi salah satu permasalahan kulit yang membuat wanita jengkel. Terlebih jika komedo muncul di daerah dagu. Saat mencoba untuk menghilangkannya, pasti tak lama ia kembali muncul. Selain itu, jumlahnya yang banyak pun seringkali buat kita geram.

Tertulis dalam laman StyleCraze, komedo bisa disebabkan oleh banyak hal seperti ketidakseimbangan hormonal, stress, drainase sistem limfatik yang buruk, dan diet yang buruk.

Kita memang bisa menyembunyikan komedo tersebut menggunakan makeup. Namun, kamu bisa mencoba 10 cara ini untuk benar-benar menghilangkan komedo yang membandel!

1. Lakukan eksfoliasi secara teratur

Eksfoliasi secara teratur dapat menghilangkan sel-sel kulit mati di dagu sehingga pori-pori tidak akan tersumbat lagi. Tetapi jangan melakukannya secara berlebihan ya, karena hal tersebut akan makin memperburuk kondisi. Kamu bisa gunakan scrub yang lembut untuk melakukan eksfoliasi di daerah dagu.

2. Memaparkan Kulit Menggunakan Uap

Cara ini mudah dan sangat hemat biaya. Cukup tuangkan air hangat ke dalam mangkuk kemudian masukan kepalamu, tapi jangan sampai tercelup lalu tutupi dengan handuk. Uap yang muncul dari air hangat akan membuka pori-pori dan mempermudah ekstraksi komedo.

3. Gunakan Garam Laut Untuk Menghilangkan Komedo

Tekstur garam yang kasar dapat membantu mengelupas kulit dan membuka pori-pori, tentunya hal ini dapat mempermudah mengurangi komedo.

Caranya, campur garam laut dengan beberapa tetes jus lemon dan sedikit air. Setelah itu oleskan campuran tersebut ke dagu dan pijat secara perlahan. Hal ini akan membantu melarutkan kotoran dan sel kulit mati dari pori-pori.

4. Konsumsi Makanan Kaya Vitamin C

Kandungan antioksidan dalam vitamin C dapat melindungi dan memelihara kulit kita serta mencegah jerawat, noda, dan komedo. Tak hanya itu, vitamin C juga dapat melawan radikal bebas berbahaya dan menghambat pertumbuhan bakteri.

Makanan yang memiliki kandungan vitamin C yang banyak ada pada lemon, buah jeruk, paprika merah, papaya, stroberi, dan sayur-sayuran berdaun gelap.

5. Oleskan Kulit Jeruk

Cara ini merupakan cara populer yang bisa dilakukan di rumah. Kulit jeruk memiliki fungsi untuk mengencangkan kulit dan meminimalkan pori-pori. Caranya, keringkan beberapa kulit jeruk dan haluskan. Buat pasta menggunakan air dan oleskan ke dagu. Biarkan selama 15 menit lalu bersihkan dengan air hangat.

6. Gunakan Aloe Vera

Lidah buaya merupakan obat ampuh dalam mengatasi jerawat dan juga komedo. Oleskan gel aloe ke dagu dan biarkan selama 10 menit. Setelah selesai bilas menggunakan air hangat.

7. Gunakan Blackhead Strips Dengan Susu Dan Madu

Kombinasi susu yang mengandung asam laktat dan madu yang memiliki efek antibakteri dapat mengobati komedo yang membandel. Campur madu dengan susu dan buat menjadi pasta. Panaskan dalam microwave selama beberapa detik kemudian biarkan mendingin. Celupkan potongan kapas ke dalam campuran lalu oleskan ke dagu. Biarkan selama 20 menit.

8. Gunakan Masker Wajah Putih Telur

Masker wajah DIY ini sudah populer dimana-mana dan ampuh untuk menghilangkan komedo. Bahannya hanya dengan satu putih telur dan beberapa tisu wajah. Cuci muka dan bersihkan secara merata. Letakkan tisu kering di area komedo dan oleskan putih telur di atasnya menggunakan kuas. Setelah mongering, barulah lepas maskernya.

9. Gunakan Clay Mask

Masker yang dibuat dari tanah liat sangat bermanfaat untuk membersihkan minyak berlebih dan mencegah komedo. Campur tanah liat dengan air dan buat menjadi pasta. Oleskan ke komedo kemudian tunggu hingga kering. Setelah mongering bersihkan dengan air.

10. Gunakan Lemon

Selain kaya akan vitamin C dan asam sitrat, lemon juga bagus untuk mengobati komedo serta mencegah noda. Yang perlu dilakukan hanyalah memeras lemon di atas kapas kemudian oleskan langsung ke komedo. Setelah kering, aplikasikan lagi. Lakukan sampai 3-4 kali kemudian basuh wajah dengan air hangat.

Nah, itu dia 10 cara untuk menghilangkan komedo di dagu. Mudah bukan caranya sahabat muslimah? Bisa langsung kalian coba di rumah dan semoga berhasil.

 

Suha Yumna

Add comment

Submit