Muslimahdaily - Tren skincare terus berkembang setiap hari. Hingga kini, sudah banyak bahan baru ditemukan guna mengatasi berbagai masalah kulit wajah. Tak aneh bila kini produk skincare makin banyak ragamnya dan sulit untuk dipahami. Apalagi ada beberapa bahan aktif yang dapat menimbulkan masalah bila dipakai bersamaan.

Untuk menjawab keresahan tersebut, Wardah Bersama Female Daily Network menggelar serangkaian kelas online yang dihadiri oleh sederet dermatolog dan skincare enthusiast. Di kelas terakhirnya, Sabtu (13/3) ini, dr. Indah Widysari, Sp.Kk dan Andra Alodita menjelaskan seputar tips dan trik menggunakan bahan bahan secara bersamaan. Dalam paparannya, dr. Indah menyampaikan 4 poin sebelum menggunakan berbagai bahan skincare secara bersamaan.

1. Gunakan ingredients dengan potensi terendah yang masih efektif dan tolerable dalam mengatasi masalah

Pastikan gunakan produk skincare dengan persentase bahan aktif yang cukup rendah. Hal ini agar kulit yang masih awan dengan bahan aktif tersebut tidak kaget dan bereaksi negatif.

Namun, kamu juga harus menilai persentase tersebut masih efektif untuk mengatasi masalah kulit kamu. Dengan demikian, masalah kulit perlahan dapat teratasi tanpa menimbulkan masalah lain karena bahan aktif yang baru dipakai.

2. Perhatikan ada beberapa kandungan yang tidak dapat dicampur

Sebelum memutuskan untuk mix n match, kamu juga harus paham dulu bahwa ada beberapa bahan aktif yang sebaiknya tidak dipakai bersamaan. Hal ini untuk menghindari masalah yang mungkin muncul seperti iritasi kulit hingga rusaknya skin barrier.

Beberapa bahan yang sebaiknya dihindari auntuk dipakai bersamaan dalah Benzoyl Peroxide (BPO) dengan Benzoyl Peroxide (BPO) karena persentase yang berlebihan dapat menyebaban iritasi seperti kemerahan dan pengelupasan. Kemudian bahan seperti Benzoyl Peroxide (BPO) dengan retinoid sebaiknya juga tidak dipakai bersamaan. Pasalnya BPO justru dapat mengurangi efek retinoid. Terakhir, hindari juga memakai produk retinoid bersama dengan bahan retinoid lain karena dapat membuat kulit semakin kering.

3. Jangan lupa gunakan tabir surya

Penggunaan skincare akan sia-sia kalau kamu masih malas mengaplikasikan tabir surya. Hal ini penting terlebih kalau kamu mulai melakukan mix n match bahan-bahan aktif dalam skincare. Sunscreen atau sunblock lebih penting lagi saat kamu menggunakan skincare yang mengandung bahan fotosensitif seperti hydroxy acids, retinoid, vitamin c dan Benzoyl Peroxide (BPO).

4. Gunakan cleanser yang efektif namun non iritatif

Mix n match produk skincare juga harus dibarengi penggunaan pembersih wajah yang gentle yang sesuai denga jenis kulit kamu. Selain itu juga, pastikan kamu menggunakan pelembab yang cukup adekuat terlebih jika kamu rutin melakukan eksfoliasi wajah 1-2 kali dalam seminggu. Hal ini untuk melindungi skin barrier kamu dari kerusakan.

Itu tadi empat tips mix n match bahan skincare dari dr. Indah Widyasari, Sp.KK. Semoga bermanfaat.

Itsna Diah

Add comment

Submit