Muslimahdaily - Namanya adalah Kahdijah Mellah, mulsimah berusia 18 tahun yang berhasil memenangkan perlombaan pacuan kuda di Inggris. Di usianya yang masih muda, ia berhasil dinobatkan sebagai muslimah berhijab pertama yang mengikuti perlombaan pacuan kuda bahkan memenangkannya.

Mellah memenangkan Piala Magnolia di Goodwood, sebuah acara amal untuk mendukung Kesejahteraan Wanita.

Dalam wawancaranya bersma The Guardian, Mellah mengatakan bahwa ketertarikannya dengan dunia berkuda berawal dari tawaran sang ibu untuk mengikuti klub berkuda di Brixton's Ebony Horse Club di sebuah Masjid.

https://www.instagram.com/p/CBwOa-HJQZ-/

Akhirnya Mellah memutuskan untuk bergabung di club tersebut. Selama beberapa minggu terakhir ia mulai berlatih secara intensif di Newmarket Racecourse di Suffolk untuk mempersiapkan perlombaan Piala Magnolia.

Brixton's Ebony Horse Club sendiri merupakan salah satu pusat komunitas berkuda dan perawatan kuda yang bertujuan untuk memberikan kesempatan baru kepada anak-anak muda yang tinggal di salah satu daerah paling tertinggal di London.

Latihan yang sangat sulit harus Mellah lalui. Sejak awal dirinya harus belajar menunggangi kuda balap ras asli. Statusnya sebagai pelajar juga mengharuskan dirinya untuk mengerjakan tugas-tugas dari sekolah. Ditambah dengan pekerjaan paruh waktu yang ia ambil.

https://www.instagram.com/p/BzBpy_rHLth/

Mellah bahkan juga harus berjuang dengan latihan yang sulit ketika puasa di bulan Ramadhan. Masya Allah sungguh besar perjuangan Mellah. Pada musim gugur tahun lalu, Mellah mulai belajar Teknik Mesin di universitas.

Dalam debut pertamanya, Mellah harus menghadapi 11 pembalap lain termasuk mantan pengendara sepeda trek dan peraih medali emas Olimpiade ganda, Victoria Pendleton dan model Irlandia, Vogue Williams.

Kala itu, tanpa disangka kuda Mellah mempercepat lari hingga melewati lawan di depannya.

"Ketika saya melewati orang di sebelah saya, itu seperti, Ya Tuhan, saya tidak percaya ini terjadi, saya sedang melakukannya, dan kemudian saya melihat semua keluarga dan teman-teman dan saya baru mulai menangis tak terkendali. Sangat menakjubkan," ujar Mellah.

https://www.instagram.com/p/B01gSXGJ5Yb/

Mellah ingin menunjukkan bahwa wanita yang berambisi bisa melakukan hal yang luar biasa. Dirinya tak sabar untuk melihat perempuan-perempuan hebat lainnya melakukan hal yang juga luar biasa.

"Wanita yang ambisius bisa melakukannya. Itu saja yang ingin saya wakili, berambisi dan melakukannya. Saya sudah mendapat banyak dukungan, dan saya tidak sabar untuk melihat cerita lain tentang wanita lain masuk ke industri dan melakukan hal yang luar biasa."

Sebelum segala pencapaiannya selama ini, Mellah tak pernah membayangkan semua ini akan terjadi padanya.

https://www.instagram.com/p/B4FM9DgJ7Z-/

"Bahkan dalam mimpi terliarku aku tidak pernah membayangkan ini bisa terjadi. Saya hanya duduk di kuda pacuan beberapa bulan yang lalu dan saya tidak akan pernah melupakan hari ini. Sejujurnya, saya ingin kembali dan melakukannya lagi, sungguh perasaan yang luar biasa." ujarnya.

Kisah perjuangan dan perjalanan Mellah yang menginspirasi pada akhirnya diangkat dalam film dokumenter “Riding the Dream” yang pertama kali tayang pada tanggal 16 November 2019.

https://www.instagram.com/p/B0rQmPMHZ-K/

Alfanita

Add comment

Submit