Muslimahdaily - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mengeluarkan sejumlah kebijakan baru bagi penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) untuk menghadapi new normal atau tatanan baru. Dalam kebijakannya KCI akan tetap mengikuti protokol kesehatan transportasi publik dari pemerintah. Seperti penggunaan masker, physical distancing, dan pemeriksaan suhu tubuh yang telah dilakukan selama masa pandemi ini.

Anne Purba, Vice President Corporate Communications, menjelasakan salah satu imbauan kepada penumpang yaitu larangan berbicara secara langsung ataupun melalui telepon selama di KRL.

"Sudah disampaikan imbauan kepada seluruh penumpang untuk tidak berbicara secara langsung maupun melalui telepon seluler, karena salah satu penularan Covid-19 melalui droplet atau cairan yang keluar dari saluran mulut dan hidung saat batuk, bersin, maupun berbicara," ungkapnya, dilansir dari CNN Indonesia, Jum’at (29/5).

Selain itu, sejumlah langkah pencegahan juga telah dilakukan oleh PT KCI. Seperti menambah fasilitas wastefel agar penumpang bisa cuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan KRL dan menyediakan hand sanitizer di stasiun.

PT KCI juga meningkatkan kebersihan kereta dan stasiun dengan rutin menyemprotkan disinfektan. Dilakukan pembersihan sekurang-kurangnya sembilan kali dalam sehari bagian-bagian yang sering disentuh seperti vending machine, tempat duduk, pegangan tangga, dan lainnya.

Selain itu, kini pihak Commuter Indonesia tidak menyediakan karpet, sajadah, sarung, dan mukena di musholla. Kebijakan ini untuk mencegah penularan Covid-19 melalui alat sholat bersama.

"Untuk menjaga kebersihan ini pula, musala stasiun selama masa pandemi Covid-19 ini tidak menyediakan karpet, sajadah, sarung dan mukena. Kebijakan ini masih akan berlanjut untuk mencegah penularan dari perlengkapan ibadah yang dipakai bersama-sama, " lanjut Anne.

Mengutip dari Detik, upaya pencegahan juga dilakukan melalui penggunaan fasilitas transaksi non tunai menggunakan Kartu Multi Trip (KMT), kartu uang elektronik bank, dan aplikasi Link Aja bagi penumpang. Selain penumpang, upaya pencegahan penyebaran Covid-19 juga dilakukan oleh petugas di setiap stasiun yaitu menggunakan pelindung wajah atau face shield.

 

Alfanita

Add comment

Submit