Muslimahdaily - Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas dalam acara “Webinar Internasional: Peringatan Hari Santri 2021 RMI-PBNU” resmi mengusulkan pembentukan Direktorat Jenderal (Ditjen) Pesantren di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag).

Dalam acara yang digelar daring pada Rabu, (20/10/2021) tersebut, Yaqut Cholil meminta dukungan kepada Ketua Lembaga Rabithah Maahid Islamiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (RMI PBNU), KH Abdul Ghofar Rozin dalam rangka pembentukan direktorat yang khusus menangani pesantren tersebut.

“Insyaallah, saya mohon dukungan Gus Rozin (Abdul Ghofar Rozin), dan seluruh santri, kami sedang mengusulkan satu Dirjen baru di Kementerian Agama, yaitu Dirjen Pesantren,” kata Yaqut.

Yaqut Cholil atau yang akrab dipanggil Gus Yaqut ini mengatakan, pihaknya telah menghadap kepada Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin selaku ketua tim reformasi birokrasi.

Menurutnya, pembentukan tersebut secara teknis akan segera dibicarakan dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Menpan RB).

“Semua kita yang memenuhi syarat, santri-santri ini, bisa memiliki kesempatan untuk mengurusi santri secara struktural, yang selama ini tidak pernah dilakukan,” ujarnya.

Gus Yaqut juga menegaskan, dalam hal ini Kementerian Agama membuka diri dan memberikan kesempatan sebesar-besarnya untuk mempersiapkan para santri agar mampu bertarung di waktu yang akan datang.

"Dalam mempersiapkan ini Kemenag membuka diri untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya, mempersiapkan para santri untuk mampu bertarung di waktu yang akan datang," jelasnya.

Selain itu, ia merasa optimis bahwa santri bisa akan menjadi pemenang di masa depan dalam setiap kompetisi jika para santri mampu mempersiapkan diri.

“10-15 tahun yang akan datang saya meyakini bahwa santri-santri di pesantren ini nanti yang akan memenangkan kompetisi. Santri itu pasti jadi pemenang kalau kita mampu mempersiapkan diri itu kuncinya,” jelas Gus Yaqut.

Siti Masitoh

Add comment

Submit