Muslimahdaily - Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam acara Halal Trade Forum di Trade Expo Indonesia (ITE) 2021, Jumat (22/10), menekankan upaya mengembangkan Halal Value Chain atau rantai nilai halal Indonesia harus komprehensif dan terintegrasi.

Menurutnya, dengan hanya fokus pada satu titik, misalnya pengembangan keuangan dan perbankan syariah tidak dapat menjadikan Indonesia sebagai pusat halal dunia.

"Rantai nilai halal itu harus saling terintegrasi dan dikembangkan secara simultan mulai dari infrastruktur regulasi, pengembangan industri halal, keuangan syariah, dana sosial syariah, serta yang tidak kalah penting para pelaku usaha dan bisnis syariah," ungkap Wapres.

Untuk menempatkan Indonesia sebagai Pusat Rantai Nilai Halal Global, harus terdapat kapasitas serta instrumen untuk memelopori halal system terpercaya.

Ada empat langkah yang dihimbau Ma'ruf Amin untuk mengembangkan Halal Value Chain, yakni akselerasi sertifikasi halal, menguasai ekosistem pendukung ekspor produk halal, dimulai dari bahan baku, produksi, standar dan prosedur ekspor, hingga ke pemasaran. Serta membuka dan menangkap peluang ekspor produk halal di era pemulihan ekonomi saat ini; serta kolaborasi dan integrasi usaha besar dengan koperasi dan UMKM.

"Keempat langkah yang saya sampaikan merupakan bentuk realisasi Halal Value Chain yang komprehensif – merupakan satu kesatuan," ujarnya.

Pelaksanaan Halal Trade Forum di Trade Expo Indonesia Tahun 2021 diharapkan mampu menjadi ajang pertukaran informasi, peluang bisnis, dan peningkatan transaksi ekspor, khususnya untuk produk-produk UMKM dan produk-produk halal Indonesia.

Apalagi, dengan bergabungnya CEO dari berbagai perusahaan Indonesia yang mampu menembus pasar ekspor, termasuk para pelaku UMKM berorientasi ekspor dalam forum tersebut.

"Saya juga berharap kepada Masyarakat Ekonomi Syariah, termasuk kementerian/lembaga, BPJPH, pihak perbankan, dan komunitas ekonomi dan keuangan syariah Indonesia untuk melakukan sinergi dan kolaborasi yang intensif agar tujuan kita menjadi pusat halal dunia segera terwujud," ungkapnya.

Siti Masitoh

Add comment

Submit