Muslimahdaily - Miliarder Issa bersaudara akan membangun sebuah kompleks pemakaman Muslim terbesar di sebelah barat Blackburn, Lancashire, Inggris,

Diketahui baru-baru ini mereka telah membeli saham besar di Asda. Pemakaman yang akan diberi nama Issa Memorial itu direncanakan luasnya sekitar 84 acre atau 339.936 meter persegi.

Kompleks tersebut akan memiliki 35 ribu plot pemakaman. Rencana pembangunan makam itu diajukan oleh Issa Foundation, badan amal kerajaan bisnis miliarder bersaudara Zuber dan Mohsin Issa.

Sebagian besar tujuannya karena adanya peningkatan kematian akibat Covid-19. Rencananya terdengar bagus, tetapi penduduk setempat keberatan akan hal itu.

Penolakan mereka beralasan karena khawatir akan terjadi kemacetan, serta keberadaan satwa liar di tanah hijau tempat pemakaman itu akan dibangun.

Dilansir dari Daily Mail, Rabu (24/11), sekitar 2.800 orang telah menandatangani petisi penolakan proposal tersebut. Hal itu telah dikonfirmasi oleh Dewan Hyndburn.

"Kebutuhan akan lahan pemakaman Muslim di Barat Laut Inggris telah menjadi kondisi yang kritis, situasi ini diperburuk oleh Covid-19," ujar lembaga amal Issa Foundation dalam keterangan persnya.

Situs baru ini akan mengalahkan pemakaman Muslim terbesar saat ini, The Garden of Peace. Pemakaman yang  dibuka pada tahun 2002 di  London Timur itu mampu menampung 10 ribu plot. Di mana kini semuanya telah penuh.

Mereka menyebut usulan pembangunan makan ini adalah masalah kepentingan umum bagi komunitas muslim. Lokasinya dinilai memiliki kepentingan strategis untuk wilayah Barat Laut.

Awal November, lebih dari 200 orang datang untuk menentang rencana pemakaman, sebelum resmi diumumkan. Kegiatan itu dihadiri oleh sejumlah anggota dewan.

Seorang warga berpendapat bahwa kondisi jalanan di wilayah itu sudah cukup padat di pagi hari. Adanya kompleks pemakaman itu banyak akan memperburuk keadaan.

"Orang-orang menggunakan lahan yang ada untuk berjalan-jalan bersama anjing mereka dan ada juga satwa liar yang hidup di lahan hijau yang ingin kami lindungi," ujarnya.

Yayasan tersebut diketahui sudah mendaftarkan diri untuk pembuatan makam ke Dewan Hyndburn yang terletak di Blackburn Road, dekat kota kecil Oswaldtwistle.

Dalam dokumen pendaftaran, tertulis ketentuan untuk 663 tempat parkir mobil yang membentang sejajar dengan Blackburn Road. Situs baru ini berada tidak jauh dari kompleks Frontier Park milik miliarder Issa bersaudara. Selain itu, taman ini memiliki beberapa gerai makanan dan hotel ‘Hampton by Hilton’.

Di situs tersebut, aka nada gedung administrasi utama berlantai satu yang menampung ruang pemakaman atau area mandi jenazah, pavilion untuk salat, ruang belasungkawa dan area wudhu.

Kemudian, gedung staf dan pemelihara umum serta gedung took peralatan akan dibangun terpisah yang rencananya akan dibangun dua lantai.

"Penampilan keseluruhan bangunan adalah kontemporer, sederhana dengan arsitektur berkualitas tinggi, namun menghormati karakter lokal melalui penggunaan bahan khas lokal," tulis mereka dalam proposal tersebut.

Pengembangan pemakaman baru ini ditujukan untuk komunitas Muslim di Lancashire Timur. Melayani mereka selama 50 hingga 100 tahun ke depan.

Yayasan Issa berdiri pada 2016 sebagai badan amal nirlaba. Layanan yang berikan mencakup semua pengaturan transportasi untuk almarhum. Termasuk penjemputan dari rumah atau rumah sakit menuju masjid atau Ghusal serta menuju kuburan.

Plot pemakaman akan diatur berorientasi ke arah kiblat atau Makkah seperti tradisi Islam. Hasil bisnis akan digunakan untuk menyediakan layanan pemakaman berkelanjutan dalam komunitas Muslim.

Mereka pastikan tidak ada direktur atau sukarelawan yang akan mendapat keuntungan finansial dari layanan tersebut.

Siti Masitoh

Add comment

Submit