Muslimahdaily - Asosiasi Muslim Kanada atau yang biasa disebut dengan Muslim Association of Canada (MAC) bergerak untuk meluncurkan wadah Pendidikan baru yang dapat memerangi islamophobia, dan akan disebarkan di sekolah-sekolah seluruh provinsi kanada. Nantinya platform ini akan berjalan bersamaan dengan Pendidikan publik yang akan memastikan ruang kelas bebas dari segala bentuk diskriminasi.

Platform yang dibuat ini telah melalui proses yang Panjang selama empat bulan yang merupakan hasil kerjasama antara Asosiasi Muslim Kanada (MAC) dengan Kementrian Pendidikan Ontario. Nantinya platform digital ini akan diluncurkan pada bulan desember yang akan memuat konten-konten kesadaran terhadap islam.

Menteri Pendidikan Stephen Lecce mengumumkan bahwa Hibah yang diberikan oleh kementrian Pendidikan sebesar $225.000 pada Juni 2021, akan digunakan oleh Asosiasi Muslim Kanada untuk merancang dan menyebarkan platform yang berisi tentang konten dan sumber daya, bukan hanya kepada siswa sekolah tetapi juga kepada para guru, pendidik, dan orang tua.

Kerjasama yang dilakukan bukan hanya antara MAC dengan kementrian Pendidikan Ontario saja, namun juga Bersama dengan Asosiasi Kementrian Digital Government serta masyarakat untuk mendukung para siswa dan keluarga muslim yang akan lebih menekankan kepada peningkatan sumber daya dengan melakukan pelatihan untuk pendidik, dukungan kepada siswa, serta sumber daya digital bagi orang tua.

Selama kurun waktu empat bulan terakhir, MAC telah bekerja keras agar program ini dapat terwujud. Banyaknya kerjasama yang dilakukan oleh MAC seperti dengan pendidik, akademisi, dan pembuat konten, semua ini dikembangkan agar mampu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Kanada akan rasisme dan diskirminasi yang terjadi dalam bentuk apapun, khususnya terhadap islamophobia.

Karena sebanyak 46% orang kanada masih memiliki pandangan buruk terhadap islam di Kanada yang menghasilkan kebencian hingga kejahatan, dilansir dari aboutislam.net. Untuk itu platform digital yang telah dibangun ini diharapkan mampu memberi kesadaran serta pembelajaran tentang islam.

Atiqa Rana Fergus Putri

Add comment

Submit