Muslimahdaily - Pasca erupsi Gunung Semeru pada Sabtu (4/12), Ketua MDMC PP Muhammadiyah, Budi Setiawan memberikan respon tanggap darurat terhadap bencana alam tersebut dengan menginstruksikan Divisi Tanggap Darurat Rehabilitasi dan Rekonstruksi (TDRR).

Selain itu, Budi juga membentuk poskor dan asesmen ke warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru tersebut. Relawan MDMC yang berdomisili di Jawa Timur diutamakan untuk segera melakukan tindakan kesiapsiagaan di bawah kordinasi MDMC Jatim. Sedangkan, relawan MDMC di luar Jatim diminta untuk menunggu perintah jika dibutuhkan sehingga harus tetap siaga.

“MDMC Kabupaten Lumajang langsung menetapkan posko relawan Muhammdiyah untuk tanggap darurat erupsi Gunung Semeru di Kantor Pimpinan Daerah Muhammdiyah Kabupaten Lumajang, Jalan Imam Sujai, Jogotrunan,” ungkap Budi, dilansir dari Republika.

Budi pun menjelaskan bahwa relawan Muhammadiyah tersebut berasal dari Angkatan Muda Muhammadiyah, Rumah Sakit Muhammadiyah dan Aisyiyah, serta Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah sekitar Semeru dan Jatim.
Relawan-relawan tersebut merupakan tim yang sudah berpengalaman dan terlatih dalam melakukan pendampingan ke warga terdampak bencana sehingga sangat siap untuk mendukung operasi tanggap darurat bencana tersebut.

Dalam melaksanakan asesmen situasi di daerah yang terdampak erupsi Gunung Semeru, MDMC Lumajang juga bekerja sama dengan BPBD setempat dan personel lainnya.

MDMC Jawa Tengah bahkan ikut mendukung operasi tanggap darurat erupsi Gunung Semeru tersebut. Dilansir dari Republika, Ketua MDMC Jawa Tengah, Naibul Umam menjelaskan bahwa sudah memberikan instruksi kepada MDMC di Solo Rayan untuk menyiapkan tim respon tanggap darurat dan akan melakukan koordinasi.

Sebelumnya, Gunung Semeru yang terletak di Kabupaten Lumajang dan Malang ini dilaporkan telah mengalami erupsi yang disertai awan panas yang berdampak pada Kecamatan Pronojiwo. Selain itu, hujan lumpur dan abu vulkanik juga turut menimpa daerah Kecamatan Pronojiwo dan Candipuro yang menyebabkan langit tampak gelap gulita.

Putri Yashmine Destri Widyana

Add comment

Submit