Muslimahdaily - Gunung Semeru yang terletak di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, baru baru ini mengalami erupsi. Erupsi tersebut dilaporkan telah berdampak kepada para warga kecamatan sekitar. Para warga juga telah diarahkan ke tempat pengungsian. Dalam rangka membantu korban terdampak erupsi, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengajak para masyarakat Indonesia untuk melakukan penggalangan dana.

MUI mengatakan bahwa seluruh warga indonesia harus memperkuat solidaritas untuk membantu para saudara yang terdampak erupsi gunung semeru. "Segenap anak bangsa harus terus memperkuat solidaritas dan soliditas untuk menggalang bantuan bagi saudara kita yang terdampak erupsi Gunung Semeru," ujar Sekretaris Jenderal MUI Amirsyah Tambunan dalam keterangan tertulis. Selain itu sekretaris Jenderal MUI Amirsyah juga mengatakan bahwa dibalik musibah ini pasti ada suatu hikmah. Sehingga ia mengingatkan kepada masyarakat untuk terus berikhtiar, berdoa, dan bertawakal kepada Allah agar musibah ini segera usai. "Setiap musibah ada hikmahnya di antaranya para ilmuwan harus mampu menangkap pesan Allah dalam setiap peristiwa," ucap Amirsyah, dilansir dari ihram.co.id.

Untuk mempermudah mengetahui data-data para korban serta mengkoordinasi dalam pencarian korban, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yaitu Jenderal TNI Suharyanto meminta agar segera dibuatkan posko tanggap darurat bencana dalam penanganan bencana erupsi tersebut. Berdasarkan keterangan BNPB, setelah adanya rapat koordinasi dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, diharapkan segenap institusi dan pemerintahan di indonesia bekerja sama dalam menangani bencana darurat ini.

Untuk itu sekretaris Jenderal BNPB, meminta agar posko terpadu tanggap darurat segera didirikan untuk mempermudah dalam pendataan, kegiatan pencarian, dan penanganan pengungsi. Hal ini juga akan mempermudah dalam menyalurkan penggalangan dana yang telah diterima dari masyarakat.

Atiqa Rana Fergus Putri

Add comment

Submit